KARTINI –  – Puluhan warga Desa Jalatrang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan, terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Edukasi mengenai kanker yang diselenggarakan oleh Yayasan Cancer Support Kuningan.

Sosialisasi dan Edukasi mengenai kanker ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan umum kepada masyarakat kabupaten kuningan mengenai apa itu kanker terutama kanker payudara.

Apa saja gejala kanker payudara, bagaimana cara mendeteksi dini gejala kanker payudara dengan mandiri (sebelum mengecek ke dokter), bagaimana penanganan dan pengobatan yang harus dilakukan jika masyarakat terdiagnosa penyakit kanker payudara.

Hal ini disampaikan oleh Sari Maryati selaku Ketua CSK saat diwawancara di sela-sela kegiatan.

“Masyarakat begitu antusias mengenal edukasi tentang kanker payudara bahkan mereka terbuka atau tidak malu-malu untuk menyampaikan keluhannya terutama keluhan di area payudara.”, ungkap Sari.

Kedepannya, Sari berharap CSK akan lebih banyak lagi mengadakan sosialisasi dan edukasi tentang kanker payudara ke desa-desa di Kabupaten Kuningan supaya masyarakat punya pengetahuan mengenai kanker payudara dan mereka bisa mengetahuinya lebih dini karena semakin awal mengetahui diagnosa maka akan semakin besar kesempatan untuk sembuh.

“Mudah-mudahan saya bisa menyentuh lebih banyak lagi masyarakat kuningan dan membantu masyarakat baik di bidang kanker maupun di bidang sosial lainnya.” Lanjut Sari.

Olin, salah satu aktivis CSK menambahkan, masyarakat perlu tahu mengenai hal ini karena semakin cepat masyarakat mengetahui adanya gejala tersebut, jadi bisa lebih cepat ditangani dan diobati.

“Kadang ada saja masyarakat yang tidak tahu, mereka pikir benjolan yang tumbuh itu hanya benjolan biasa padahal sebenarnya lebih baik diperiksa lebih lanjut. Kanker itu perkembangannya sangat cepat, jadi kalau misalnya tidak ditangani dengan cepat, akan cepat membesar juga benjolannya.”, ungkap Olin.

Aktivis yang juga Admin CSK ini menyampaikan rasa terima kasih untuk seluruh aparat desa dan juga warga Desa Jalatrang, yang begitu semangat dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

“Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Aamiin.. Semangat melawan kanker, together we can beat it”, ungkap Olin.

Olin menyampaikan, sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, untuk warga yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi kontak CSK di
No. Telp : 0821-3720-0677
Facebook : cancersupportkuningan
Instagram : @cancersupportkuningan

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…