KARTINI – Hasil seleksi Jabatan Tinggi Pratama (JPT) di lingkup Pemkab Kuningan diharapkan bisa menghasilkan pimpinan yang mampu memahami tantang zaman.

“Harapan kami sejatinya ingin melihat sosok-sosok pimpinan yang bersifat pembaharu, inovatif, memahami tantangan zaman dan sekaligus mampu, cakap, kompeten dalam mengelola organisasi yang akan memberikan dampak peningkatan kinerja pada perangkat daerah di Kabupaten Kuningan,” ujar Ketua Panitia Seleksi Terbuka, DR.H.Dian Rahmat Yanuar.

Pelaksanaan Seleksi Terbuka tersebut merupakan amanat Undang-Undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang dijabarkan dalam PP No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS sebagaimana di ubah oleh PP No 17 tahun 2020 yang mengamanatkan tentang prinsip pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama secara Terbuka dan Kompetitif.

Posisi jabatan yang dilaksanakan seleksi terbuka terdapat 6 (enam) Jabatan yaitu: Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, dan Kepala Dinas Perhubungan.

Adapun komposisi pelamar sampai dengan penutupan pendaftaran tanggal 5 November 2021, Pukul 24:00 terdapat 46 pelamar dengan distribusi sebagai berikut:

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (10 Pelamar), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (6 Pelamar), Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM (13 Pelamar).

Lalu Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik (8 Pelamar), Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (4 Pelamar), Kepala Dinas Perhubungan (5 Pelamar).

Setiap peserta diwajibkan mengajukan lamaran untuk dua posisi Jabatan; sehingga terdapat 23 peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan berikutnya.

Proses penelaahan kelengkapan administrasi dan rekam jejak mengikuti Rencana Penilaian yang telah diketahui dan disetujui oleh KASN.

“Harapan Pansel, proses seleksi terbuka ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk menghasilkan pimpinan perangkat daerah yang mumpuni dan secara langsung dapat meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Kuningan,” harap H.Dian. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…