KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, apalagi fungsi jantung sendiri bekerja sangat vital.

Dari beberapa sumber yang dihimpun http;//kartinikuningan.net, rata-rata pertahun 18,6 juta kematian diakibatkan oleh penyakit kardiovaskular (CVD), ini termasuk jantung dan stroke. 

Penyakit cardiovascular ini disebabkan oleh merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas hingga polusi udara. Bisa juga disebabkan oleh kondisi yang kurang umum seperti penyakit amiloidosis jantung. Namun demikian tentu penyakit ini bisa dicegah oleh disiplin dalam pola hidup sehari-hari.

Berdasarkan penelitian, 80 persen kematian dini akibat penyakit jantung dan stroke dapat dihindari dengan berbagai cara diantaranya, mengendalikan penggunaan tembakau, pola makan sehat dan aktivitas fisik. 

Menggunakan komunitas dengan metode dan sumber daya yang tepat diharapkan mampu mencapai sasaran dalam mensosialisasikan edukasi penyakit cardiovascular di masyarakat.

World Heart Federation memanfaatkan kekuatan kesehatan digital untuk meningkatkan kesadaran, pencegahan, dan pengelolaan CVD secara global.

Bentuk upaya mencegah penyakit jantung diantaranya ekuitas. Dengan memberdayakan semua pihak baik tua muda, pria, wanita dan anak-anak, pasien, petugas kesehatan masyarakat, dokter untuk menggunakan alat digital sebagai upaya pencegahan.

Diagnosis dan perawatan kondisi terkait.  Dengan upaya pencegahan untuk menjaga jantung dengan makan makanan yang sehat, menghindari penggunaan tembakau serta perbanyak olahraga.

Saat pandemi terjadi kematian karena CVD mengalami peningkatan, sekitar 520 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan CVD terkena dampak C-19 secara  tidak proporsional.

Untuk itu pentingnya memiliki aflikasi digital bagi masyarakat dalam mengawasi dan mendeteksi lebih awal setiap kondisi kesehatan kita. Dalam upaya mengurangi resiko penyakit cardiovascular ini.

Maka dari itu diharapkan masyarakat lebih waspada dan disiplin terhadap pola hidup sehat, terutama tingkatkan aktifitas fisik harian untuk terus menggerakan jantung agar berfungsi dengan baik lebih lama. (Vera berbagai sumber)**

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…