KARTINI – Perempuan di Kabupaten Kuningan seyogyanya terus berkualitas dan berkeadilan seiring dengan kembali diraihnya Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di tahun 2021 ini.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kuningan, Trisman Supriatna, didampingi Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Any Saptarini menjelaskan, penghargaan APE tersebut dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia kepada Pemerintah Daerah Kuningan.

“Penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan mendukung pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di kabupaten/kota nantinya diharapkan akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memang benar memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan,” ujar Any.

Raihan APE dinilai dari tujuh Komponen kunci, yang terdiri dari, Komitmen (Perda PUG, Pergub PUG), Kebijakan (RPJMD, Renstra OPD), Kelembagaan (POKJA PUG, Focal POINT), Sumber Daya Manusia dan Anggaran (SDM Terlatih PPRG dan Jumlah Anggaran Provinsi Responsif Gender).

Lalu komponen Alat Analisis Gender (Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Budgeting Statement (GBS), Data Gender (Data Terpilah Perempuan dan Laki terkait berbagai hal dalam Sumbar satu Data), dan ketujuh komponen Partisipasi Masyarakat.

Komponen Partisipasi Masyarakat tersebut seperti (PUSPA : Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan Dan Anak, anggotanya : Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media).

Any berharap, melalui penghargaan APE yang ke-beberapa kalinya tersebut bisa terus mendorong pembangunan responsif gender. “Semua elemen termasuk lembaga masyarakat harus bersinergi dengan pemerintah, karena pemerintah sendiri sudah mendukung melalui payung hukum dan juga anggarannya,” paparnya.

Sementara itu, ada empat kategori Penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE), diantaranya Tingkat Pratama (Pemula), Tingkat Madya (Pengembang), Tingkat Utama (Peletakan dasar dan Keberlanjutan), dan Mentor. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

80 Persen Kematian Akibat Serangan Jantung Ternyata Dapat Dihindari

KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, a…