KARTINI – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kabupaten Kuningan terus bertambah dan diharapkan bertambah pula minat baca di kalangan masyarakat.

Seperti yang baru diresmikan oleh Duta Baca Indonesia Tahun 2021-2025, Gol A Gong, pada Sabtu (18/9/2021), yaitu TBM Barata Daya di Desa Bandorasakulon Kec. Cilimus.

Duta Baca Indonesia, Gol A Gong berharap, TBM Barata Daya dapat terus bertumbuh dan berproses, juga menitipkan pesan agar TBM Barata Daya dapat hidup sepanjang hayat sampai hari kiamat, dan jangan berhenti berproses.

Ketua TBM Barata Daya, Fadriansyah Munggaran, mengatakan, keberadaan TBM ditengah masyarakat sangat esensial. Dapat meningkatkan minat baca masyarakat mulai dari usia anak anak sampai lanjut usia.

“Keberadaan TBM ini terlahir atas inisiasi dan kolaborasi bersama dengan Patriot Desa Bandorasakulon. Saya berharap kehadiran TBM Barata Daya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Bukan hanya membaca secara sempit tapi membaca secara luas, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas di TBM ini untuk kepentingan umum dan lingkungan,” katanya.

Proses pendirian TBM tersebut, menurutnya, tidak terlepas dari peran ibundanya, ibu Hj.Rusti, yang selalu support atas gerakan yang digagasnya. Bentuk dukungan yang diberikan dalam bentuk moril maupun materil yang tak ternilai harganya. Fadri pun berharap agar TBM Barata Daya Ini terus di dukung oleh masyarakat sekitar untuk terus berkembang dan berdaya bersama.

Selanjutnya, Pjs Kepala Desa Bandorasakulon, Tatang Sutarna, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam agama Islam, yang diperintahkan pertama kali adalah “Membaca”.

“Maka dari itu Pemerintah Desa Bandorasakulon sangat mendukung terhadap pendirian Taman Bacaan Masyarakat Barata Daya ini yang digagas oleh pemuda desa. Semoga dengan adanya TBM ini minat baca masyarakat dapat meningkat dan membaca bukan hanya secara kognisi akan tetapi juga dapat sampai pada ranah afeksi sampai ke hati,” harapnya.

Kegiatan diakhir pekan tersebut dihadiri oleh Pengurus Daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Kuningan, Duta Baca Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Kuningan, Pjs Kepala Desa, Ketua BPD dan LPM Desa Bandorasakulon, Babinsa dan Bhabimkamtibmas, Pemuda Karangtaruna, Para Pegiat Literasi, Patriot Desa Kabupaten kuningan, dan masyarakat sekitar lingkungan TBM Barata Daya yang terletak di Dusun PON RT 012/RW 006 Desa Bandorasakulon. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

80 Persen Kematian Akibat Serangan Jantung Ternyata Dapat Dihindari

KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, a…