KARTINI – Kepenatan yang dirasakan oleh sebagian orang dari rutinitas sehari-hari sudah barang tentu menjadi problem yang membuat tekanan semakin menjadi-jadi sehingga tingkat stress semakin meningkat.

Kepenatan dan kejenuhan yang terjadi dalam diri kita tidak boleh dibiarkan begitu saja. Ada banyak cara untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan, agar tubuh, jiwa, dan pikiran kita kembali segar dan jernih seperti sediakala.

Salah satunya adalah dengan pergi ke area hijau melihat pemandangan hijau dengan suasana udara yang segar akan membuat pikiran kita menjadi jernih kembali.

Menghirup udara segar, melihat hamparan pepohonan rindang, hijau daun, ranting, dan suara burung berkicauan membuat suasana hati menjadi sangat nyaman. Membuat hati jiwa dan pikiran kita pulih kembali selayaknya baterai yang baru diisi dengan daya baru.

Tahu tidak Sahabat Kartini?, Ketentraman pikiran yang mungkin tidak didapat dari rutinitas yang biasa dilakukan setiap hari akan terbayar sudah. Tidak ada salahnya mencoba untuk mengunjungi tempat ke area hijau, seperti kebun, sawah, bukit dan lain sebagainya. Atau sekedar berjalan kaki di area hutan pinus, cemara dan lain-lain.

Allah swt, menciptakan bumi beserta isinya untuk dapat kita nikmati, karenanya selain dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT juga sebagai upaya tadabbur alam walaupun hanya cukup dengan memfokuskan dan memperhatikan sekitar.

Tadabbur alam merupakan solusi yang baik untuk merecharge diri kita, yang mana dapat dilakukan dengan sejenak menikmati indahnya alam pegunungan, hutan, pepohonan dan menikmati ketenangan suasana alam.

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membuat pikiran kita menjadi segar dan sehat kembali. Hanya diperlukan keinginan dalam diri kita agar dapat meluangkan waktu untuk merefresh kembali dari rutinitas kita sehari-hari.

Dengan mentadaburi alam pun merupakan salah satu bentuk kita mendekatkan diri kepada Allah Swt. Melihat keindahan lukisan alam yang Allah Swt ciptakan membuat kita sadar betapa kecilnya kita dihadapan Allah betapa Maha Besarnya Allah meciptakan bumi beserta isinya.

Rebahan, Berdzikir dan Berdiam Diri

Hal lain yang dapat dilakukan di alam misalnya dengan berdiam diri sembari berdzikir, membaca buku, merenung untuk merencanakan hal yang lebih baik dari kemarin, sekedar duduk, berdiam diri, rebahan atau menulis sesuatu tentang hal yang kita sukai.

Terlebih lagi, kita dapat merecharge diri kita di alam baik itu dilakukan sendiri, dengan teman maupun dengan keluarga.

Oleh karena itu, memanjakan diri dengan mendekatkan diri bersama alam baik untuk dilakukan. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk diri kira sendiri untuk merecharge pikiran kita dari rutinitas yang mungkin dapat membuat kita stress, penuh tekanan dan depresi, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba. (Dian)**

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…