KARTINI – Desa Bersinar yang merupakan Program Badan Narkotika Nasional (BNN) termasuk di BNNK Kuningan terus digulirkan ke desa-desa.

Kali ini dengan strategi kegiatan fasilitasi pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Kertawirama. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta yang merupakan warga desa setempat.

Berbeda dengan kegiatan penyuluhan biasanya, kali ini kegiatan dilakukan di objek wisata Curug Bangkok pada hari Minggu (12/09/2021).

Tidak hanya itu saja, kegiatan yang dihadiri oleh 10 keluarga ini dikemas dengan cara berbeda yaitu lebih banyak menyisipkan permainan. Program kreatif tersebut memang sudah diarahkan oleh BNN RI dengan memiliki tujuan yang pasti.

“Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk para peserta dapat menerima pengetahuan dan keterampilan dari para narasumber agar para peserta mampu mengamalkan dengan baik sehinga dapat membentuk keluarga bersinar, dan menjadi keluarga yang tahan dari bujukan dari gelaja sosial dari penggunaan narkoba,” ujar Kepala BNNK Kuningan, AKBP Yaya Satyanegara.

AKBP Yaya menambahkan, Desa Kertawirama adalah desa yang patut dibanggakan dan menjadi contoh bagi 360 desa yang lain. Selain juga Desa Ancaran yang telah Bersinar, ditambah 15 kelurahan yg ada di kuningan, akan menjadi desa-desa yang menularkan virus kebaikan.

“Memunculkan ketahanan dari keluarga masing-masing bebas dari narkoba dan memiliki suatu keberanian untuk memeriksa diri dan mengajak kepada keluaga lainnya yang terpapar narkoba, adalah sebuah langkah yang luar biasa dan patut ditiru,” tambahnya.

Ditambahkan Kepala Desa Kertawirama, Dani Suswanto, bahwa desanya kekurangan Sumber Daya Manusia dalam mengedukasi keluarga-keluarga. Maka dari itu, semoga Desa Kertawirama bisa menjadi contoh terbaik untuk menjadi keluarga yang tahan narkoba dan anti narkoba.

“Harapannya untuk desa lain adalah bisa menyelenggarakan dan mengikuti Desa Kertawirama dengan mengadakan program serupa dan bekerjasama dengan BNNK Kuningan supaya Kuningan bersih dari narkoba,” ajak Dani. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…