KARTINI – Selamat pagi mentari, sudahkah berkabar pada dunia maya. Sejak terbangun yang disentuh pertama kali pasti handphone. Saat di kamar mandi yang di bawa juga handphone. Saat di meja makan yang di genggam tiada lain handphone.

Tersisih cinta oleh benda kecil yang dilengkapi tuts huruf dan lensa setajam mata malaikat. Bidikan-bidikan itu dipermanis oleh bermacam aflikasi. Cling, terlihat bening, menarik, mewah dan sebagainya. Asli atau palsu pun tak ada yang tahu.

Sadar atau tidak. Benda itu telah menggeser banyak fungsional sebagai manusia. Lalu masih menyalahkan ketika manusia-manusia tersebut befikiran layaknya benda yang selalu digenggamnya. Praktis dan ekonomis. Berujung feodalis dan individualis.

Mundur sejenak pada fase sebelum merebaknya digitalisasi di genggaman. Betapa kehidupan yang kita lewati begitu menarik. Dalam keluarga masih dirasakan berbagai sentuhan manis. Duduk berkumpul dalam satu meja setiap jam makan.

Akhir pekan dilengkapi cerita seru berkunjung pada saudara yang satu dengan saudara yang lain. Betapa kental kehangatan sebagai keluarga dirasakan. Bermain dibawah hujan, duduk bersama menikmati canda dan denting gitar.

Guyonan-guyonan sederhana namun diselingi nasihat para orang tua. Yang kini tak lagi terdengar. Saling berhadapan tapi saling diam. Menjauhkan yang dekat tetapi mendekatkan yang jauh. Ironsinya.

Namun perubahan tetap tak bisa dielakan. Bangun tidur berfose jadikan status. Berkutat dengan dapur bergambar di beranda. Layar itu menampilkan tontonan mengaburkan antara benar dan tidak benar menjadi samar.

Tak ada lagi ruang dan batas antara pribadi dan public. Manusia berebut menelanjangi diri sendiri. Tanpa disadari perlahan tapi pasti sebuah kemerdekaan yang seharusnya menjadi miliknya sendiri terbuang dan tergadai oleh waktu yang terbuang sia-sia.

Masihkah ada yang benar-benar tak terkontaminasi oleh semua ini, atau setidaknya megikuti perubahan dengan mengimbangi perubahan itu sendiri oleh ilmu pengetahuan yang tepat yang menuntunnya tetap bijak dalam bersikap dan bertindak. (vera)**

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…