KARTINI – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kuningan menyatakan siap mandukung program Baznas dalam pembayaran zakat dengan payroll system.

Kesiapan tersebut disampaikan Kepala DKPP, DR.Ukas Suharfaputra saat menerima kunjungan salah seorang pimpina Baznas Kuningan, DR.KH.Aang Asy’ari, beberapa hari lalu.

“Zakat itu adalah kewajiban. Maka Saya sebagai kepala dinas siap memerintahkan kepada ASN di lingkup DKPP untuk mendukung program payroll system dalam pembayaran kewajiban zakat, infak dan sedekah,” ujar Kepala DKPP, Ukas.

Menanggapi kesiapan tersebut, KH.Aang Asy’ari sangat mengapresiasi, dan berharap program tersebut berjalan sesuai rencana dan niat syar’i nya.

Selain DKPP, dinas atau instansi yang sudah menyatakan siap mensukseskan zakat melalui payroll system tersebut, diantaranya, Sekretariat Daerah (Setda), Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD), Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BAPPENDA), dan Badan Kepegawaian&Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Ketegasan ini harus menjadi teladan bagi instansi yang lain, dalam hal melakukan pembayaran zakat dengan payroll system,” ujar KH. Aang.

Di tempat terpisah, Ketua Baznas, Drs.HR. Yayan Sofyan, MM., menjelaskan, program tersebut didukung penuh Bupati Kuningan melalui berbagai cara, diantaranya melalui Intruksi Bupati nomor 01 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah di lingkungan ASN.

Selain itu melalui himbauan Bupati Kuningan Nomor 451.12/1836/Kesra kepada ASN dilingkungan Pemkab Kuningan untuk melakukan pembayaran zakat, infak dan sedekah melalui payroll system.

Zakat via payroll system adalah sebuah bentuk pelayanan zakat infak dan sedekah melalui pemotongan langsung dari gaji seorang ASN atau karyawan di sebuah perusahaan.

Keutamaan membayar zakat, infak dan sedekah melalui payroll system:

  • Memudahkan ASN (penunaian zakat langsung dipotong dari gaji oleh
    bagian bendahara).
  • Meringankan ASN (dilakukan setiap bulan secara otomatis).
  • Tertib (ASN sebagai wajib zakat terhindar dari lupa).
  • Menjadi keikhlasan (tidak berhubungan langsung dengan mustahik).
  • Tepat sasaran dan berdaya guna (penyaluran zakat melalui program
    pendistribusian dan pendayagunaan BAZNAS yang berkesinambungan). (kh/Baznas)***

Facebook Comments

Check Also

80 Persen Kematian Akibat Serangan Jantung Ternyata Dapat Dihindari

KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, a…