KARTINI – Apa kabar Sahabat Kartini? Sejauh mana kau berhasil membentuk karaktermu. Setidaknya menjadi pribadi yang tetap tersenyum dan kuat, meski Covid-19 belum juga menampakan tanda-tanda sirna. Tapi bukan berarti lipatan kerut di wajah dan tubuhmu makin banyak. Serta kelusuhan kentara membalut hidupmu.

Hidup ini terlalu singkat untuk diratapi. Kenapa tidak menjalani dengan happy. Jangan berfikiran bahawa untuk sebuah kebahagiaan itu membutuhkan biaya yang besar. Karena kebahagiaan bukan melulu tentang nominal yang kita punya.

Luangkan Senam

Senam menjadi salah satu olahraga alternatif yang murah dan mudah, dan bisa dilakukan dimanapun. Tidak perlu lama Sahabat, cukup luangkan waktu 15 menit setiap hari. Kalaupun terlalu sibuk coba luangkan waktu Weekend untuk melakukan senam.

Seperti contoh ibu-ibu yang tergabung dalam Komunitas Jantung Sehat yang rutin melakukan olah raga bersama setiap minggu. Dengan lokasi yang berbeda-beda. Anggota yang mengikuti senam hampir 100 peserta. Sebelum pandemi KJS ini melakukan senam di depan Kantor Pertanian Kuningan.

Seiring kondisi yang pasang surut, mereka tetap melakukan senam namun dengan prokes dan lokasi yang berbeda-beda. Ada penurunan pada jumlah peserta yang mengikuti. Selesai melaksanakan senam baik erobik atau senam lainnya, mereka biasanya melanjutkan dengan mengunjungi tempat wisata.

“Ini menjadi waktu yang paling ditunggu, setelah hampir satu minggu di sesaki oleh tugas sebagai ibu dan seabreg pekerjaan rumah yang sering menimbulkan kebosanan. Kejenuhan menjadi faktor terbesar penyebab stress,” ujar Ina salah satu anggota KJS.

Bertemu teman-teman satu komunitas atau perkumpulan memberi waktu pada diri sendiri untuk bermanja dan memberikan penyegaran pada pikiran. Selain juga menambah nilai secara sosialita sekaligus memberi peluang untuk menambah nilai ekonomi. Secara otomatis bertambah link bisnis bagi sebagian perempuan yang memiliki bisnis digital.

Saat bertemu di halaman Museum Purbakala Cigugur, beberapa anggota KJS sedang menikmati waktu bersama. Terlihat keceriaan terpancara pada wajah ibu-ibu setengah baya yang masih terlihat sehat dan bugar ini.

Waktunya memanjakan diri, agar imunitas kita tetap bagus dan viruspun tak mampu mengalahkan kekebalan tubuh kita. Pungkas Ina sambil menikmati makan siang bareng teman-teman KJSnya. Wanita Indonesia luangkanlah waktu untuk diri sendiri. Karena bahagia itu sederhana. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…