KARTINI – Annona Muricata L atau lebih familiar dengan nama Sirsak merupakan tanaman yang berukuran kecil dan rendah. Sirsak akan tumbuh dengan baik jika ditanam di tanah yang cukup kandungan airnya, pada derah yang memiliki ketinggian kurang dari 1000 mdpl.

Sirsak terdiri dari 65,7% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah dan 4% inti buah. Karbohidrat merupakan kandungan gizi terbanyak yang terdapat dalam sirsak. Mengandung tinggi vitamin C dan sangat sedikit kandungan lemak.

Manfaat dari buah sirsak yang baik untuk tubuh yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan, serta melancarkan peredaran darah sehingga membuat kulit terlihat lebih segar. Memperbaiki sel tubuh yang rusak karena radikal bebas dan masih banyak manfaat lainnya.

Sirsak bisa dimakan dalam berbagai olahan. Bisa sebagai jus atau selai sebagai pelengkap roti. Nah untuk lebih segar kita kombinasikan dengan menu ini yuk.

Es Sirsak Warna Warni Untuk 4 Porsi

Bahan :

1 bungkus agr bubuk warna putih
700 cc air
1 sdm gula paasir
1 tetes pewarna merah
1 tetes pewarna hijau
800g daging buah sirsak
Satu sdm sirup grenadine
Satu sdm susu kental manis
Es serut secukupnya.

Cara membuat :

Rebus agar-agar bersama 700cc air dengan gula pasir hingga mendidih, angkat, bagi menjadi dua bagian. Tambahkan satu bagian warna merah dan satu bagian lagi warna hijau, aduk rata. Biarkan mengeraas, kemudian serut memanjang tiap-tiap bagian. Sisihkan.

Dalam gelas saji, taruh buah sirsak, tambahkan es batu yang sudah diserut. Agar-agar serut, tambahkan sirup dan susu kental manis. Sajikan segera. Hemmmm. Segernya di udara siang yang terik ini. Nikmati bareng temen dan keluarga makin seru. (Vera berbagai sumber)**

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…