KARTINI – Makan berlebihan adalah salah satu faktor terburuk yang mempercepat penuaan seseorang, karena  menyebabkan stres pada seluruh sistem tubuh. Akibatnya pencernaan membakar energi ekstra yang seharusnya dapat dipergunakan untuk fungsi-fungsi yang lain.

Selain itu, makan berlebihan mengakibatkan kelebihan berat badan. Dengan bertambahnya berat badan berimplikasi pada banyaknya penyakit yang menyerang tubuh kita. Seperti penyakit jantung dan diabetes.

Tanda-tanda Biologis Yang Penting

Tanda-tanda biologis adalah faktor yang mengindikasi seberapa muda anda secara psikologis dibandingkan dengan umur sebenarnya. Ditandai oleh kekeringan pada kulit, memutihnya rambut, dan tingkat kolesterol dalam darah.

Penelitian membuktikan pada orang-orang yang mengurangi konsumsi kalorinya jauh lebih sehat dan hidup lebih lama.

Mengurangi Secara Bertahap

Makan lebih sedikit bukan berarti mengurangi gizi, teteapi menggantikan makanan berkalori tinggi yang mengandung lemak dan gula berlebih dengan makanan segar dan bergizi. Pada usia paruh baya disarankan untuk mengurangi 60% asupan kalori dari yang biasa dimakan sehari-hari selama kurang lebih lima samapi tujuh tahun.

Artinya pengurangan kalori untuk pria sebanyak 1.800 dan 1.300 untuk wanita. Lebih banyak lagi untuk mereka yang sangat aktif. Dua faktor sebagai unsur utama memperpanjang usia yakni mengontrol asupan nutrisi secara efektif menurunkan suhu tubuh dan mengurangi metabolisme.

Maka mulailah untuk mengurangi atau mengontrol asupan kalori harian anda.
Bila anda makan lebih sedikit maka anda kan hidup lebih lama. Kuningan. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…