KARTINI – Pohon Pinus yang juga ada di Kabupaten dengan warna hijau yang khas serta bunga yang karakternya hampir menyerupai kayu jika telah kering ternyata menyimpan banyak manfaat.

Sayangnya, dari sekian banyak diantara kita belum banyak yang mengetahuinya. Adapun beberapa manfaat dari pohon pinus diantaranya :

  1. Sebagai Flavonoid dan Vitamin

Seorang peneliti dari Prancis menemukan bahwa kulit pohon pinus dan daun jarumnya banyak mengandung vitamin C, sarat akan antioksidan yaitu flavonol dan bioflavonoid.
Senyawa ini kemudian diolah menjadi ekstraksi Pycnogenol dan dipasarkan sebagai suplemen diet. Bisa juga sebagai obat jet lag, meringankan peredaran darah, nyeri lutut, dan kram karena menstruasi.

  1. Sebagai Pengurang Stress

Salah seorang penelitit dari Universitas Kyoto Jepang menunjukkan bahwa berjalan-jalan di hutan pinus selama 15 menit perhari mampu menurunkan stres. Untuk daerah yang tidak memiliki hutan pinus bisa di ganti dengan minyak esensial pinus atau cemara. Selain mengurangi stres efek dari aroma pinus memberi efek tenang.

  1. Sebagai Obat Bronchitis

Selain sebagai obat terapi yang memberikan efek menenangkan, pinus ini juga bisa meredakan pilek, sinus, sesak napas dan bronchitis. Caranya mudah, tambahkan 3 tetes minyak esensial pinus pada semangkuk air panas. Kemudian tutupi kepala anda dengan handuk, dan hirup aroma pinus melalui hidung dan mulut.

  1. Meredakan Nyeri Otot

Berhati-hatilah dalam memilih minyak pinus. Gunakan minyak pinus P.Pinaster bukan Scoth Pinus (P.Sylvestris) bisa menyebabkan kulit iritasi. Minyak pinus bisa digunakan sebagai pereda nyeri otot. Caranya : tambahakan 5 tetes minyak pinus atau dua sendok makan. Lalu pijatkan pada bagian tubuh dan otot yang terasa nyeri.

Selain manfaat tadi. Bunga pinus juga bisa dibuat berbagai kreasi hiasan. Dari mulai hiasan mungil gantungan kunci hingga hiasan dinding yang harganya fantastis. Nah bagaimana dengan Kuningan, sudahkah memaksimalkan potensi alam yang ada. Tahukah anda bahwa sesuatu yang anda anggap limbah bisa menjadi sangat berharga di tangan yang kreatif. **(Vera berbagai sumber)

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…