KARTINI – Ketika usia masyarakat negara maju kian bertambah panjang, semakin banyak orang yang meninjau kembali pendekatan mereka terhadap hidup dan bertambahnya usia.

Beberapa cara orang untuk menjaga kondisi serta vitalitas tubuh tetap sehat dan berenergi dipengaruhi beberapa faktor. Jaga dan perhatikan nutrisi makanan, olah raga, tidur, hubungan kita dengan orang lain, dan keberanian dalam mengatasi tantangan hidup. Kebijaksanaan yang anda lakukan ternyata mampu menolong orang lain.

Unsur paling penting pada tubuh seseorang adalah air. Jika asupan kebutuhan air pada tubuh tetap optimal maka anda akan merasakan bagaimana kulit selalu terjaga kelembaban dan terhindar dari kekeringan kulit. Setidaknya delapan gelas setiap hari. Teh dan kopi tidak termasuk dalam hitungan tersebut.

Makanan dan Olah Raga.

Berdasarkan penelitian dengan mengurangi konsumsi kalori secara bertahap dalam hitungan tahun dapat memperpanjang jangka hidup seseorang. Memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayur mayur, zat besi, serta mengurangi konsumsi lemak jenuh. Dengan memodifikasi kebiasaan makan dengan memperhatikan gizi harian .

Olah raga selain meningkatkan metabolisme tubuh juga mampu meningkatkan kebugaran seta memberi semangat. Menambah gairah serta mencegah defresi.

Mengubah Kebiasaan Hidup

Tinggalkan alkohol dan rokok sama pentingnya dengan nutrisi yang baik dan tidur cukup. Alkohol dapat merusak sistem tubuh. Alkohol akan mengakibatkan tekanan pada liver serta mengganggu pergantian nutrisi sel-sel yang rusak. Sedangkan rokok satu hal paling destrukttif yang anda lakukan terhadap tubuh anda dan mempercepat penuaan.

Nutrisi Jiwa

Ketahui kapan anda harus meminta pertolongan. Sehebat apapun anda tetap akan membutuhkan bantuan orang lain. Berbagilah suka dan duka, bersama keluarga dan teman. Sebaik anda memberi sebaik itu pula anda akan menerima. Kembangkan jati diri , eksplorasi perasaan, pikiran dan kreativitas untuk hidup yang lebih baik.

Bantu dengan zat tambahan seperti glukosamin sulfat yang terdapat pada kerang laut. Antioksidan dari polifenol teh, ekstrak biji anggur, dan co-enjim Q-10 bisa membuat awet muda. Lihat diri anda sebagai satu kesatuan spiritual dan memberikan perspektif baru dengan memberikan nilai positif bagi kehidupan yang panjang dan bahagia. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Akibat Pandemi Covid-19, Kondisi Perekonomian Kuningan Mengalami Tekanan Hebat

KARTINI – Kondisi perekonomian di Kabupaten Kuningan akibat Pandemi Covid-19 mengala…