KARTINI – Lutut merupakan persendian yang paling keras bekerja, tetapi paling sering disepelekan. Ketika terjadi cedera gerakan sesederhana apapun akan terasa sangat sulit.

Ketika usia mencapai 50 tahun, lutut telah menyangga lebih dari 75.000 mil. Sama dengan kalau kita berjalan mengelilingi ekuator selama 3 kali.

Lutut terbagi menjadi beberapa bagian. Femur, tibia dan patella, yang membuat kaki mampu menekuk dan dan kembali lurus dengan mulus. Semua bagian lutut bisa mengalami cedera. Masalah yang bisa terjadi pada lutut yaitu osteoartritis, kelainan metabolik dan infeksi.

Lutut Wanita Terbukti Lebih Lemah

Sedikit yang tahu bahwa wanita memiliki dua kali lipat resiko terjadinya cedera lutut dari pada pria. Faktor penyebanya adalah pinggul yang lebih lebar, massa otot dan estrogen pun menjadi bagian terpenting dalam metabolisme cartilage. Oleh sebab itu perlu dilakukan tindakan pencegahan guna menghindari cedera lutut.

Tips Untuk Menghindari Cidera Lutut

Bijak berlatih.
Saat melakukan olahraga biaasakan untuk meakukan pemanasan ringan terlebih dulu. Gunakan sepatu yang stabil dengan bantalanyang melindungi kaki selama latihan. Hindari olah raga dipermukaan yang keras. Jika bersepeda pastikan tinggi sadel sesuai dengan panjang kaki.

Pilihlah olah raga yang sesuai.
Salah satunya bersepeda. Gerakan mengayuh pedal dapat merangsang lubrikasi lutu dengan memicu tumbuhnya syinovial fluid (cairan yang berfungsi untuk membentengi lutut). Tetap menjaga berat badan yang ideal akan lebih menjaga kondisi lutut tetap berfungsi baik lebih lama.

Olah Raga Ringan Untuk Lutut

Lutut akan tetap stabil jika rutin memberinya gerakan yang mampu merangsang fungsi lutut tetap lemas dan fleksibel tanpa meninggalkan nyeri atau ngilu pada persendian.

Bisa dengan melakukan erobic, atau jogging atau gerakan sederhana yang bisa dilakukan di rumah saja. Seperti contoh sederhana yaitu berdiri sekitar 30 cm di depan sebuah kurs dengan kaki selebar pinggul. Turunkan pinggul secara perlahan seolah-olah hendak duduk di kursi. Tahan otot perut dan jaga posisi lutut tidak melebihi ujung jari kaki.

Cedera dan Gangguan Lutut

Biasanya berupa sakit pada lutut saat istirahat digerakkan. Selain itu terjadi bengkak, lebam, kemerahan, agak hangat, susunan tulag berubah secara nyata,terbatasnya jangkauan, tidak dapat berdiri, mati rasa atau kesemutan.

Jika terjadi hal tersebut segera atasi dengan tindakan RICE : rest (istirahat), ice compression (kompres es), dan elevation (dinaikkan).  Namun apa bila terjadinya patah tulang atau sakit yang tak tertahankan hingga tak dapat berdiri segera periksakan ke dokter. (Vera berbagai sumber)**

Facebook Comments

Check Also

Menu Hemat Saat Uang Belanja Nyaris Tamat

KARTINI – Tanggal tua biasanya memang isi dompet sudah mulai menipis, apalagi ditamb…