KARTINI – Modus operasi penyebaran narkotika sekarang semakin beragam, sehingga butuh edukasi dan tekad yang kuat dalam pemberantasannya.

Demikian disampaikan Bupati Kuningan H.Acep Purnama dalam peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), Senin (28/6/2021), secara virtual, di Ruang Rapat Linggajati.

Generasi muda merupakan penggerak pembangunan dalam mewujudkan Indonesia yang sejahtera, maka harus dilibatkan sebagai penggiat dalam mengkampanyekan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di masyarakat.

“Untuk menghadapi tantangan ancaman kejahatan narkotika dengan modus operasi yang kian beragam dibutuhkan komitmen semangat, dan tekad yang kuat dalam mengatasi permasalahan yang tanpa batas, memerangi narkoba sampai tuntas menjadi prioritas pemerintah bersama dengan masyarakat marilah berjuang bersama, bekerja sekuat tenaga, menjadikan Kabupaten Kuningan dan negara kita bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, karena jika masyarakat sehat maka negara akan kuat,” ujarnya.

Sebagai salah satu bentuk dalam mewujudkan Indonesia bebas narkoba dan semangat generasi muda dalam memerangi narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kuningan telah membentuk Sekolah Bersinar.

SMP Yos Sudarsa merupakan SMP Pertama Kuningan yang Dicanangkan Sebagai Sekolah Bersinar. Pencanangan tersebut merupakan inisiasi dari Kepala Sekolah SMP Yos Sudarso, Artauli Selma Tetty, SS.

Menurut Artauli, menjadikan sekolah yang bersih dari narkoba adalah suatu keharusan. Karena membentuk insan yang terbaik bagi masa depan harus disiapkan sejak dini termasuk di usia SMP.

Kepala BNNK Kuningan AKBP Yaya Satyanagara, S.H mengapresiasi inisiatif tersebut dan menjadikan Yos Sudarso sebagai percontohan bagi SMP yang lain di Kuningan, dan SMP bersih narkoba harus bisa diwujudkan di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan.

Selain sekolah bersinar, ada juga 10 desa bersinar di wilayah Kuningan dan 10 wilayah di Kabupaten Majalengka yang merupakan rayonisasi Kabupaten Kunimgan. Dari 10 desa yang dicanangkan itu diharapkan bisa menularkan ke desa yang lainnya, masyarakat harus bersikap mandiri dan berperan aktif. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…