KARTINI – Munculnya klaster keluarga dalam penyebaran covid-19 perlu disikapi secara serius, termasuk dalam pemulasaran jenazah Covid-19.

Menyikapi hal tersebut, Pemkab Kuningan menginstruksikan kepada semua kecamatan untuk melakukan pelatihan khusus dalam pemulasaraan jenazah akibat Covid-19, sesuai mekanisme dan protokol kesehatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan yang juga Tim Satgas Penanganan Covid-19, Indra Bayu Permana, kepada http://kartinikuningan.net., Selasa (29/6/2021), menjelaskan, ini adalah tindak lanjut dari rakor zoom meeting bersama Pak Bupati, Wabup dan Sekda dengan kecamatan.

“Kegiatan pemulasaraan jenazah adalah Fardu Kifayah, sehingga perlu dilaksanakan. Jika ada yang meninggalnya karena covid-19 maka harus melaksanakan mekanisme pemulasaraan sesuai prokes, sehingga syariat Islamnya tetap dilaksanan dan dipenuhi juga sesuai dengan ketentuan. Ini harus dilakukan pelatihan kepada petugas dari tingkat kecamatan hingga desa,” papar Indra Bayu.

Kesepakatan ini disambut responsif oleh hampir semua kecamatan, dan sudah ada 10 kecamatan yang melakukan pelatihan pemulasaran jenazah, diantaranya, Kec. Cibeureum, Cibingbin,  Cidahu, Ciniru, Cigandamekar, Maleber, Ciawigebang, dan Lebakwangi. Targetnya semua desa bisa melakukannya

Pada dasarnya, pelatihan tersebut menekankan supaya di desa menerapkan prokes 5 M (menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, memakai masker dan mengurangi mobilitas). Jika kebijakan desa tersebut dilaksankan dan terintegrasi hingga kabupaten, maka diharapkan penyebaran covid-19 bisa ditangani.

“Yang harus dioptimalkan adalah peran fungsi dari desa, karena klasternya sudah muncul di tataran keluarga. Satuan organisasi terkecil itu keluarga, jika keluarga sudah sadar dan mau menerapkan 5M itu tadi, insya Alloh penyebaran Covid-19 bisa ditangani dan diminimalisir,” terangnya. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…