KARTINI – Pandemi masih terus terjadi, jumlah yang terkonfirmasi positif pun kian meningkat. Bunda tetap ingatkan anggota keluarga yah untuk mematuhi protokol kesehatan, dan tetap memberi mereka semangat serta berhati-hati saat harus berkegiatan di luar.

Tapi akan lebih baik untuk tetap beraktifitas di rumah saja. Nah waktunya berbagi tugas. Udah siapkan menu hari ini ? jika belum apa salahnya mencoba satu resep yang menantang dari http://kartinikuningan.net, libatkan semua anggota keluarga dalam membuatnya agar mereka tak harus jenuh saat melewati pandemi ini.Jangan lupa periksa persediaan di kulkas yah, ayo kita mulai memasak.

AYAM GEPREK ( + 4 Porsi )

Bahan :
1 pasang dada ayam tanpa tulang, potong dan belah menjadi 6 bagian tipis
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
Bahan Pencelup :
5 sdm tepung bumbu serbaguna
3 sdm tepung terigu
6 kotak es batu
Susu cair dingin secukupnya

Bahan Kering :
6 sdm tepung bumbu serbaguna
4 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena

Bahan sambal geprek :
15 buah cabai rawit merah, 3 buah cabai merah besar, 3 siung bawang putih, garam, kaldu bubuk sesuai selera, 2 sendok sayaur minyak bekas menggoreng ayam.

Cara Membuat Sambal Geprek :
Ulek kasar cabai rawit, cabai merah besar, dan bawang putih, beri garam dan siram minyak panas, aduk rata.

CARA MEMBUAT :

1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipisdimakan selama kurang lebih 15 menit, lalu cuci bersih. Masukkan tepung bumbu dan tepung terigu kedalam wadah berisi ayam. Tambahkan es batu dan susu cair dinginsampai kental. Diamkan disuhu ruang + 30 menit.

2. Ambil 1 potong ayam balurkandengan bahan pencelupnya, lalu pindahkan ke waadah berisi bahan kering. Tekan-tekansambil dicubit-cubitsampai semuapermukaan ayam tertutup tepung. Ulangi langkah ini jka ingin kulit yang lebih tebal.

3. Goreng ayam dalam minyak banyak dengan api sedang hampir kecil sampai matang. Angkat. Memarkan diatas sambal gepreknya. Sajikan dengan nasi panas dan lalapan akan lebih sempurna.

Bagaimana bunda. Pasti semua anggota keluarga akan segera berlari untuk memenuhi panggilan perut yang keroncongan mencium aroma ayam goreng dengan sambal gepreknya. Krispi dan spicy..uenaaakkknya. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…