KARTINI – Jenuh dan kurang konsentrasi tentunya, jika belajar di rumah, apalagi kegiatan tersebut berlangsung lama, yakni sejak Pandemi Covid-19, tahun lalu.

Nah sahabat Kartini, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk anak-anak selama melakukan pembelajaran di rumah supaya tetap menyenangkan. Yuk, simak.

Belajar Sambil Bermain.

Bermain dapat dilakukan di dalam dan di luar rumah dengan berbagai cara. Dalam hal ini bermain yang dilakukan dimaksudkan agar dapat menjalin kedekatan fisik dan emosional diantara orang tua dan anak.

Kegiatan tersebut juga dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan misalnya di halaman rumah, taman dan lain sebagainya.

Orang tua dapat mengajak anaknya belajar sambil rekreasi pada hari libur. Orang tua mengijinkan anak sambil berekreasi dengan mengunjungi tempat wisata disekitarnya.

Hal tersebut dilakukan untuk membuat suasana tidak jenuh ketika melakukan kegiatan pembelajaran yang monoton didalam rumah, sehingga dapat merelaksasi pikiran anak-anak.

Berikan Reward

Cara lain yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan memberikan dukungan psikologis melalui kata-kata motivasi, semangat, bujukan serta pemberian reward atau hadiah berupa makanan, permen kesukaan anak atau yang lainnya.

Motivasi belajar juga merupakan bagian dari stimulus dengan sesuatu dari dalam maupun dari luar diri anak. Makanan merupakan sesuatu dari luar diri anak yang dapat mendorong lahirnya motivasi belajar sehingga hal tersebut merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan oleh orang tua.

Upaya yang dilakukan dengan memberikan makanan kesukaan pada anak merupakah cara efektif agar anak merasa senang dan ingin melanjutkan kegiatan belajar di rumah.

Koordinasi Dengan Guru

Orang tua hendaknya berkoordinasi dengan guru untuk membahas tugas yang kurang dipahami oleh sekaligus untuk melaporkan perkembangan proses belajar anak. Selain itu, orang tua juga dapat mencegah anak mengalami kejenuhan dalam belajar dengan mempersiapkan kebutuhan anak sebelum proses belajar dimulai.

Siapkan Ruang Khusus

Persiapan sebelum belajar yang dapat dilakukan orang tua diantaranya yaitu dengan meminta anak untuk mandi terlebih dahulu sehingga anak lebih siap secara fisik dan mental untuk menerima pelajaran.

Untuk meningkatkan konsentrasi anak, idelanya mempersiapkan ruang khusus, dan menjauh dari gadget ataupun televisi. Hal itu ditujukan supaya anak lebih memahami terhadap pelajaran yang dibaca olehnya melalui buku, ataupun bimbingan dari orang tuanya.

Dengan cara-cara yang disebutkan diatas, anak dapat melakukan proses belajar dengan baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Selamat mencoba ! (Dian) **

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…