KARTINI – Sejumlah pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kuningan, melakukan study banding ke Kampung Literasi Rumah Baca Ceria, Desa Pagersari Kec. Patean Kab. Kendal Jawa Tengah.

Ketua Forum TBM Kuningan, Imam M Agung Fauzi mengatakan, studi banding para pengelola TBM Kuningan tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas dan ilmu tentang pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan kampung literasi.

“Maka FTBM mengajak beberapa pengelola TBM untuk belajar dan menambah pengetahuan yang berkaitan dengan pengelolaan TBM berkegiatan di Kampung Literasi Rumah Baca Ceria Kendal, selama dua hari, Sabtu dan Minggu (29-30 Mei 2021),” ujar Imam.

Rumah Baca Ceria Kendal dipilih sebagai tempat studi banding karena melihat keaktifan terkait kegiatan pelibatan masyarakat melalui beberapa kegiatan, diantaranya Kelompok Wanita Tani dan Pengembangan UMKM di sektor Pangan, kerajinan, Pertanian dan Peternakan.

“Harapannya sepulang dari kegiatan tersebut para pengelola TBM yang kami berangkatkan bisa mengambil ilmu dan dapat diterapkan dalam mengelola TBM nya masing-masing, serta bisa memberikan informasi dan semangat kepada seluruh pengelola TBM yang ada di Kabupaten Kuningan,” paparnya.

Salah seorang peserta studi banding dari TBM Balarea, Yogi Iskandar, mengatakan,
dari silaturahmi ke salah satu kampung literasi rujukan nasional yang ada di Kendal bisa diambil pelajarannya dan bisa diterapkan di TBM Balarea.

“Ini bisa menjadi motivasi bagi kita, para pegiat taman baca. Bisa saling tukar pikiran dalam pengelolaan taman baca, dan banyak hal yang bisa dikembangkan,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang PAUD DIKMAS. “Juga tak lupa Kang Imam Muhamad Agung dan Kang Zeze Guru yang sudah mengajak kami ke Kendal, semoga semakin nambah semangat di TBM, jangan bosan untuk terus memberi arahan dan bimbingan kepada kami,” ungkapnya. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…