KARTINIEchinacea merupakan tanaman yang biasanya digunakan untuk terapi pengobatan. Tanaman yang biasa tumbuh di dataran tinggi ini punya segudang manfaat untuk kesehatan. Di masa pandemi Covid-19, tanaman ini digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Seperti dilansir http://neraca.co.id , menurut dokter spesialis penyakit dalam Gatot Soegiarto, beberapa penelitian terbaru saat pandemi Covid-19 diklaim menunjukkan Echinacea baik untuk membantu pengobatan pasien Covid-19.

Echinacea merupakan bahan herbal yang paling banyak digunakan untuk menyembuhkan flu. Selain itu, saat ini digunakan juga sebagai terapi untuk inflamasi dan beberapa gangguan kesehatan lainnya,” kata Gatot

Ia menjelaskan, ekstrak Echinacea dapat meningkatkan lapisan sel epitel yang merupakan sel terluar tubuh. Sel ini berfungsi melindungi bagian dalam tubuh dari virus.

Pada lapisan kedua (innate immunity), ekstrak Echinacea dapat meningkatkan kemampuan fagositosis yang membentuk sel baru. Serta pada lapisan ketiga sistem imun, ekstrak Echinacea dapat membantu pembentukan produksi limfosit T dan B penghasil antibodi.

“Echinacea juga punya efek imunomodulasi yang memodifikasi sel imun. Ketika terlalu banyak sel imun dalam tubuh dia ‘mengerem’ pembentukannya. Dan, ketika sel imun terlalu sedikit, dia ‘gas’ sehingga terbentuk lebih banyak,” ujar Gatot.

Ekstrak Echinacea memang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Karena itu-lah, ekstrak Echinacea juga baik diberikan pada pasien Covid-19 asimtomatis (tanpa gejala) dan pasien bergejala ringan.

Gatot menjelaskan, sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Virologi pada 2020 yang menguji penggunaan Echinacea untuk mengobati HCoV-229E penyebab flu biasa dan SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Pada uji in vitro, dalam jurnal tersebut, menunjukkan pemberian Echinacea terbukti menurunkan aktivitas dua virus tersebut hingga 50 persen. (marsya)**

Facebook Comments

Check Also

Partisipasi Perempuan Dalam Pilkades Masih Rendah

KARTINI – Peminat menjadi calon kepala desa dari partisipasi perempuan ternyata masi…