SATU bisa jadi baik. Tetapi berdua, bertiga dan seterusnya lebih indah. Sendiri bahagia tapi berdua dan anak-anak, keluarga dan sahabat maka sempurna. Cinta adalah kekuatan yang paling besar untuk seseorang melewati setiap soalan hidup.

Tapi cinta juga mampu meruntuhkan sebuah tatanan kehidupan. Masih ingat bagaimana kisah Samson yang kehilangan kekuatannya kaena cintanya pada Delilah. Tapi cinta juga mengembalikan kekuatan Samson.

Simbolik kehidupan. Tergantung bagaimana kita membawa cinta itu dan seberapa kadarnya, dan apa yang melatarbelakangi cinta itu sendiri. Hidupmu bisa berwarna menjadi indah karenanya, tapi juga bisa sebaliknya.

Rangkaian kata terlahir menjadi barisan kalimat indah. Menjadi bait-bait syair dan puisi meluluhkan segala keangkuhan. Begitu banyak pengaruhnya dari satu kata berkekuatan maha dahsyat ini. Tapi kadang karena ini kita lupa pada pemilik cinta sesungguhnya.

Ada yang tersesat dengan atas nama cinta. Tapi ada yang menemukan tujuan kemudian tinggal dan menata cinta itu sendiri. Baik individu ataupun kepada sesama. Andai saja setiap hati kita lebih banyak cinta dan kasih maka tak ada perang di muka bumi ini.

Tak ada dendam yang diturunkan secara generasi ke generasi. Namun sayang adalah sisi yang paling manusiawi karena di ciptakan dari tanah. Kadang subur, kadang gembur, kadangkala gersang dan mudah terbakar.

Hiduplah dengan hati penuh cinta kepada pemilik-Nya. Dan cintailah sesama secukupnya, karena ketika cinta itu tak menjadi komitmen tak akan kita kehilangan kekuatannya. Adakalanya mencintai tak berarti memiliki. Tapi memiliki seiring waktu akan tumbuh cinta.

Cinta tidak egois. Bukan untuk mengikat seperti binatang ternak . Tapi ibarat bunga yang tumbuh dengan perawatan. Akan terus berbunga dan bersemi meski kadang sesekali layu dan gugur kemudian tumbuh dan bersemi kembali.

Saling percaya, memberi keleluasaan namun tetap memberinya pujian dan sesekali mengajaknya duduk di teras sekedar menikmati rembulan dan segelas teh hangat atau kopi.

Romantis itu tidak mahal. Harmonis itu tidak sulit. Mari penuhi hati dengan cinta secukupnya dan bahagiakan orang-orang tercinta itulah kekuatan dari cinta. **

Oleh : Vera Verawati

Facebook Comments

Check Also

Gubernur RK Perintahkan Daerah Siapkan Tempat Tidur Pasien Covid-19 Hingga 60 Persen

KARTINI – Secara umum peningkatan tingkat keteririsan tempat tidur (BOR) di rumah sa…