SELAMAT jalan Ramadhan, tanpa terasa sebulan penuh kita melewatinya. Menjalankan ibadah puasa untuk menunaikan perintah-Nya sekaligus mengisi dengan berbagai resolusi diri. Satu cara Allah aga kita bisa merasakan apa yang dirasakan oleh mereka yang terbiasa menahan lapar.

Mendidik diri untuk iklas dalam sabar. Tidak saja sabar menahan amarah atau sabar menahan hawa nafsu. Tapi lebih dari itu melatih kepedulian diri terhadap sesama manusia. Bulan istimewa dimana setiap kebaikan mendapat berkali lipat pahala-Nya.

Senja terakhir warna jingga menghias langit sore di ujung desa. Sayup-sayup suara takbir terdengar dari surau-surau dan mesjid-mesjid kampung. Tangis bahagia sekaligus tangis pengampunan membuncah. Membelah dada yang lama menyimpan keluh kesah.

Ied mubarak. Setiap individu berharap meraih ridho-Nya agar diterima pertaubatan dan kembali menjadi diri yang suci. Namun manusia tetaplah manusia. Makhluk yang paling mudah alpa dan lupa.

Tempat segala salah dan dosa. Ibarat cermin berdebu kemudian dibersihkan kembali bening. Tak lama kemudian debu itupun menempel perlahan. Namun kita terus berusaha untuk membersihkan agar dosa-dosa itu tak berkarat di hati.

Waktupun terus melaju, pandemi ini belum berakhir juga. Masih harus terus menguatkan hati, menjernihkan pikiran agar tak mudah jatuh dalam keterpurukan.

Lebaranpun tiba semoga setiap dari kita mendapat rahmat dan ampunan dari-Nya.

Saya atas nama pribadi juga keluarga kartinikuningan.net mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1442H. Taqobalalllahu minnaa waminkum. Mohon maaf atas segala hilap dan kekurangan selama menyajikan berbagai informasi.

Saran dan kritik dari pembaca setia kartinikuningan.net menjadi suport terbesar untuk kita semakin meningkatkan kualitas pelayanan dalam menyajikan informasi dan berita. Semoga selama kartinikuningan.net hadir ditengah-tengah kita memberi manfaat untuk pembaca.

Akhir kata. Semoga kita dipertemukan dengan ramdhan berikutnya dengan pandemi yang sudah berakhir dan kondisi lebih baik. Jarak boleh saja terpisah. Namun hati kita tetap dipertemukan oleh doa-doa yang tulus dari orang-orang terkasih. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…