KARTINI – Sosok perempuan saat ini dituntut untuk kreatif dan produktif, dikarenakan perempuan sangat berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga dan desa.

Demikian dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Hj. Ika Rahmatika Purnama, saat menghadiri acara Kajian Ramadhan yang diselenggarakan Karang Taruna Desa Silebu Kec. Pancalang, Kuningan, pada Senin (26/4/2021).

“Peran perempuan dimasa Pandemi harus kreatif dan produktif sehingga tidak selalu berpangku tangan. Ada beberapa kegiatan produktif yang bisa dilakukan, seperti pemanfaatan halaman rumah dengan menanam tanaman sayuran dan buah-buahan yang dapat dipanen untuk kemudian dikonsumsi, juga untuk menghidupkan geliat ekonomi desa yang hasilnya dapat didistribusikan ke berbagai tempat,” papar Hj. Ika.

Salah satu Program inisiatif yang dapat dilakukan oleh perempuan yaitu seperti Bunda Menyapa atau yang disebut dengan ‘Membangun Desa Menata Sumber Daya Pangan Keluarga’ tujuannya yaitu mempertahankan ketahanan keluarga dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Dengan memanfaatkan lahan-lahan desa atau halaman rumah yang kosong atau yang memiliki halaman yang tidak terlalu luas dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam dengan menggunakan polybag. Kegiatan tersebut dapat mengurangi biaya kebutuhan rumah tangga dengan kata lain dapat mencukupi untuk pangan keluarga.

“Beberapa desa sudah bergeliat dengan kegiatan bercocok tanam menggunakan polybag, bahkan ada yang sampai ribuan polybag. Hasilnya sudah bisa dinikmati oleh warga itu sendiri, dan bermitra dengan pasar atau rumah makan sebagai pemasok,” katanya.

Untuk itu, Hj. Ika berharap supaya Karang Taruna dan warga Desa Silebu dapat bergeliat untuk dapat meningkatkan kegiatan menanam menggunakan polybag. Tidak hanya pada satu bidang tanaman saja jika usaha sudah berkembang pesat dapat merambah pula pada usaha ternak.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Silebu, Albiansyah, menuturkan, Kajian Ramadhan tersebut digelar rutin setiap tahun. Tidak sekedar mengkaji agama, namun Kajian Ramadhan pun bisa mengkaji berbagai ilmu dan program lainnya.

“Saya kira kegiatan kali ini masih dalam permulaan. Kedepan ingin mengkolaborasikan potensi masyarakat Kuningan, khususnya Desa Silebu menjadi desa yang dapat berdaya saing dan dapat meningkatkan kesejahteraan melalui konsep ‘desa mandiri berbasis pemberdayaan’,” ujar Albiansyah.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut ddapat menginspirasi dan bermanfaat untuk semua warga, untuk kemudian diaplikasikan, sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Pancalang Deni Komara, dan Sekmat Pancalang, dan unsur Muspika, serta Kepala Desa Silebu Asep Yusuf Hamdani, BPD, LPM, DKM, Kader PKK, dan undangan lainnya. (Dian)**

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…