KARTINI – Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Jawa Barat telah menggelar Rakerda II dan menghasilkan beberapa program kerja, diantaranya kerjasama bidang ekonomi dengan PPLIP (Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi) DPW Jabar, dan DWP Kanwil Kemenag Jabar.

Rakerda yang dilaksanakan di rumah kediaman Ketua DPD Perwira Jabar, Hj. Rini Sujiyanti, SE., MM., di Desa Lengkong Kec.Garawangi Kab. Kuningan itu, berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (25-26 Maret 2021), dan diikuti oleh seluruh peserta dari 27 DPC Perwira se-Jawa Barat.

Ketua DPD Perwira Jabar, Hj. Rini Sujiyanti, SE., MM., didampingi Ketua Panitia, Hj. Wiwin Hamidah, S.Ag., menuturkan, ada beberapa program yang dihasilkan dari Rakerda itu, semuanya bertujuan untuk membantu mendorong pelaku usaha supaya bisa terus berkembang dan maju, terutama selepas terpuruk dari Pandemi Covid-19.

“Semua peserta dari 27 kabupaten/kota se-Jabar saling bertukar pengalaman dan sharing ilmu dalam mengembangkan produk-produk lokal mereka. Setiap peserta (DPC) juga memaparkan program kerja. Selain itu, setiap daerah juga membuka stan, dan mereka saling bertukar produk dari setiap produk unggulan daerahnya masing-masing,” ujar Rini.

Produk hasil kerajinan tangan-tangan pelaku usaha di Jawa Barat nampaknya banyak digemari oleh warga luar negeri. Hal itu bisa dilihat dari permintaan makanan maupun fashion terus mengalir ke Perwira Jabar. Maka, Rini akan terus menggenjot pemasarannya melalui berbagai strategi, diantaranya dengan menggelar bazar internasional yang rutin digelar tiap tahun.

Ditambahkannya, selepas Pandemi Covid-19, recovery ekonomi menumbuhkan semangat pelaku usaha, terutama kaum perempuan di Jawa Barat untuk kreatif dan inovatif. Untuk itu, tema yang diusung dalam Rakerda pun yakni ‘Menjadi Wirausaha Mandiri Kreatif dan Inovatif disaat Pandemi’. “Ini sebagai suport untuk UMKM/UMKM agar selalu yakin usahanya akan maju. Yang belum bisa wirausaha, yakin bisa mengawali dan melakukannya,” tandasnya

Berkaitan dengan kerjasama (MoU) antara Perwira dengan PPLIP bidang ekonomi, Sekretaris DPD Perwira Jabar, Hj. Ela Holilah, M.Pdi. menambahkan, PPLIP yang diketuai oleh Isteri Wakil Gubernur, Hj.Lina Marlina Ruzhan, SE., itu akan konsen memberikan pelatihan dibidang ekonomi kepada wirausaha yang terhimpun di Perwira, yang juga bisa ditularkan kepada pelaku-pelaku usaha kecil lainnya.

Juga memberikan solusi frenchise (pemberi brand waralaba), karena dengan sistem tersebut akan lebih memudahkan pemasaran. Selain dengan PPLIP, juga dengan DWP Kanwil Kemenag dan perbankan dalam membantu permodalan dengan syarat-syarat yang tidak terlalu memberatkan.

Rakerda tersebut dihadiri Isteri Wakil Gubernur yang juga ketua PPLIP Hj.Lina Marlina Ruzhan, SE., Sekda Kuningan DR.H.Dian Rahmat Yanuar, Ketua TP PKK Kuningan, Hj.Ika Rahmatika SE., dan sejumlah undangan lainnya. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…