KARTINI – Bagaimana kabar kasus diksi limbah yang pernah ‘panas’ dan berujung pada PTUN oleh pihak penggugat. Ternyata pada sidang pemeriksaan saksi, 4 staf di lingkup DPRD mangkir dari persidangan.

Ke-empat saksi yang dipanggil tersebut, yaitu Sekwan H.M.Nurdijanto, Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Ria Apriani, Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan Deden Yuliadin dan Kabag Umum Nono Sujono.

Padahal ke-empat saksi yang semuanya bertugas di Sekretariat DPRD tersebut disertai surat perintah dari Bupati Acep yang ditandatangani Sekda Dian, untuk bisa memenuhi panggilan persidangan PTUN.

Tapi mereka kompak tidak hadir dengan alasan sakit. Ironisnya, yang hanya bisa memperlihatkan surat keterangan sakit dari dokter hanya Deden, sedangkan yang lainnya tidak bisa memperlihatkan surat sakit, hanya alasan lisan saja.

“Keempat orang saksi tersebut diajukan oleh Penggugat Nuzul Rachdy, karena keempat orang tersebut sesuai tupoksi ikut terlibat dalam proses persidangan di BK. Mulai dari proses pelaporan, verifikasi, persidangan sampai dengan proses pengambilan keputusan. Kalaupun diantara keempat tersebut tidak mengetahui proses, ini yang menjadi pertanyaan dari aspek hukum dan administrasi,” papar praktisi hukum dan juga Ketua KAI, Abdul Haris, Selasa (23/3).

Dengan ketidak hadirkan mereka berempat dipersidangan PTUN pada 17 Maret, memmunculkan spekulasi,  jangan jangan mereka takut terungkap tentang kesemrawutan prosedur administrasi di dewan. “Prosedur administrasi di dewan ini kan semakin semrawut. Saya yakin, mereka ketakutan jika hadir, prosedur administrasi yang banyak menyalahi aturan bisa terbongkar. Selain itu, mereka juga pasti ada kongkalingkong dengan pihak tergugat,” paparnya.

Sementara itu, Nuzul Rachdy Sebagai penggugat menyikapi enteng-enteng saja tentang ketidak hadirkan Sekwan dan tiga kabagnya. Waktu sidang lawyer, pihaknya sudah menyerahkan Surat Perintah dari Sekda Kuningan no. 800/636/UM kepada Majelis  yang menyidangkan.

“Sedangkan hal itu akan menjadi pertimbangan positif atau negatif, Saya serahkan sepenuhnya kepada Majelis Hakim,” ujar Nuzul Rachdy singkat. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

KPU Karang Taruna Sepakati PPKM Hingga Tingkat Desa

KARTINI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Forum Karang Taruna (FKT) Kabupaten Kuning…