KARTINI – Waktunya bermain kata, dengan berbagai keindahan penyampaian. Baik lewat permainan majas atau diksi. 21 Maret sebagai Hari Puisi Sedunia bersamaan dengan hari lahirnya penyair Suriah, Nizar Qabbani .

Dikutip dari situs resmi UNESCO. Peringatan Hari Puisi Sedunia disepakati lewat resolusi Konferensi Umum ke-30 di Paris. UNESCO menjadikan Hari Puisi sebagai salah satu penghargaan dan apresiasi dalam berbagai keragaman komunikasi dengan bahasa puitis.

Pandemi kali ini tentu menjadi salah satu duka bagi para pelaku sastra dan lingkupnya. Untuk sebuah pertunjukan sastra juga memerlukan pembatasan. Seiring waktu begitu banyak lahir sastrawan dan penyair dari berbagai kalangan.

Dari yang bermadzhab pada karya-karya penyair besar sekelas Jalaludin Rumi atau Kahlil Gibran. Ada juga yang menciptakan genre-genre baru. Dari mulaui puisi akrostik, sonia, puisi sepuluh baris, patidusa, Haiku dan lain-lain.

Keanekaragaman tersebut biarlah menjadi warna-warni di dunia puisi kita. Kritikan dalam sebuah karya tentu dibutuhkan untuk memperindah sebuah karya. Saling mengkritik pun sah-sah saja namun tetap mengedepankan logika dan etika.

Kedepannya tentu akan bertambah lagi entah berapa banyak jenis yang akan bermunculan. Bermainlah kata seindah mungkin dan jadikan kalimatnya menjadi cara penyampai yang indah dalam mengatakan segala kritikan pada tatanan sosial yang ada.

Selamat Hari Puisi sedunia, semoga setiap karya yang lahir menjadi semakin semarak khazanah dunia sastra. Berkarya nan indah susun diksi dalam puisi yang memotivasi dan mempertajam intuisi manusiawi. Bukan untuk menebar keresahan dan ujar kebencian.

Puisi cara terindah mengungkapkan segala rasa yang ada. Maka jadikanlah sebagai karya-karya nan agung untuk melahirkan pujangga yang mengedepankan cinta sesama manusia.

Oleh : Vera Verawati dari berbagai sumber

Facebook Comments

Check Also

Akibat Pandemi Covid-19, Kondisi Perekonomian Kuningan Mengalami Tekanan Hebat

KARTINI – Kondisi perekonomian di Kabupaten Kuningan akibat Pandemi Covid-19 mengala…