KARTINI – Dua puluh maret selalu menjadi pesta yang paling ditunggu oleh anak-anak didunia. Itulah saat keceriaan di perlihatkan dengan berbagai ekspresi polos anak-anak. Suara nyanyian dan tarian mengiringi.

Gambar dan cat menjadi salah satu favorit anak-anak untuk menjadi media bercerita selain boneka tentunya.  Dan dongeng tentang putri serta pangeran tampan begitu dinantikan. Tak lupa pertunjukkan sulap. Meriahnya dunia anak-anak.

Mendongeng sungguh menjadi media paling efektif untuk menjalin komunikasi dengan bahasa paling manis. Selain merangsang otak anak juga menjadi salah satu metode dalam memperkuat imunitas anak-anak.

Manfaat dongeng untuk anak yaitu mengembangkan kecerdasan bahasa pada anak sera merangsang unsur bicara pada anak dalam membangun komunikasi dengan orang lain. Mengasah ketajaman memori. Saat mendongeng anak akan merekam setiap cerita yang disampaikan. Itu berfungsi untuk melatih daya rekam anak dalam mengingat setiap karakter yang terdapat dalam dongeng yang disampaikan.

Selain itu mendongeng juga berguna untuk melatih konsentrasi anak. Juga memberikan wawasan baru pada anak. Karena setiap dongeng yang disampaikan tentu akan berbeda-beda. Mendukung imajinasi anak karena pada dongeng yang disampaikan juga disertakan gambar yang akan membantu melatih daya imajinasi anak.
Mengajarkan kecerdasan sosial sekaligus menjaga bonding anak. Mengasah ketajaman perasaan pada anak agar merasa memiliki kedekatan dengan orang tua.

Dalam rangka memperingati hari dongeng seduani tahun ini ketua Kampoeng Dongeng Kuningan Nur Danila berharap agar bisa terus membagikan keceriaan dan menyampaikan pesan kebaikan melalui cerita/dongeng.

Semakin banyak orang tua yang membacakan dongeng untuk anak jauh lebih baik untuk proses tumbuh kembang anak sekaligus memperkuat imunitas anak. Mari mendongeng untuk anak agar mampu menyelamatkan generasi kita dari digitalisasi negatif. (Vera dilansir Zwitsal) **

Facebook Comments

Check Also

Akibat Covid-19, Job Teh Bella Jadi Sepi

KARTINI – Dunia Broadcasting bagi wanita cantik yang masih belia ini sudah menjadi p…