KARTINI – Yodium merupakan kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut manfaat yodium untuk kesehatan. Yodium tergolong nutrisi mikro atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit.

Meski sedikit, kekurangan yodium dapat berdampak menimbulkan sejumlah penyakit seperti gangguan hormon, penyakit tiroid, hingga gangguan janin. Yodium banyak terdapat di garam beryodium, makanan laut seperti ikan, kerang, udang, dan cumi-cumi, telur, dan susu. Berikut manfaat yodium untuk kesehatan seperti dilansir dari neraca.co.id rubrik kesehatan

Membentuk hormon tiroid

Yodium berperan penting dalam membantu pembentukan hormon tiroid. Hormon ini mengatur metabolisme dan kesehatan jantung. Tanpa yodium, produksi hormon tiroid akan menurun dan menyebabkan hipotiroidisme. “Yodium adalah zat mikronutrien berupa mineral yang sangat penting membentuk hormon tiroid,” kata dokter spesialis gizi klinik Diana F Suganda.

Mencegah penyakit gondok

Yodium juga dapat mencegah penyakit gondok atau kelenjar tiroid yang membesar. Kelenjar ini terletak di bagian depan leher.

Perkembangan janin

Yodium memiliki peran penting pada ibu hamil. Pasalnya, yodium membantu membentuk perkembangan otak di dalam kandungan. “Jumlah yodium ibu hamil lebih banyak daripada orang dewasa normal karena juga harus mensuplai untuk janin,” kata Diana.

Meningkatkan kecerdasan

Konsumsi yodium pada anak-anak dan orang tua juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan kecerdasan. “Yodium berpengaruh pada intelegensi. Kekurangan yodium menurunkan kecerdasan anak,” ucap Diana.

Mengatasi infeksi

Yodium juga bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi. Yodium dapat membunuh bakteri yang ada di pada luka. Konsumsi makanan beryodium setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. (KH)**

Facebook Comments

Check Also

80 Persen Kematian Akibat Serangan Jantung Ternyata Dapat Dihindari

KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, a…