KARTINI – International Youth Leader (IYL) merupakan platform pelatihan dan pendidikan kepemimpinan untuk pemuda Indonesia yang dibentuk oleh CV International Youth Leader yang bergerak di bidang Student Exchange, Leadership Camp, Halal Tour and Travel. Youth Leader sendiri diofokuskan untuk melatih pemimpin muda yang berpotensi agar mandiri dan siap bersaing di kancah Internasional.

Dengan visi menggali potensi pemuda sebagai pemimpin umat yang unggul dalam prestasi, profesional dalam bekerja, berakhlakul karimah dalam perilaku, dan siap bersaing di kancah Internasional.

Selain visi, kegiatan ini memiliki misi untuk membentuk karakter kepemimpinan pada pemuda (pelajar/mahasiswa), mengenalkan ragam budaya Indonesia ke luar negeri, membentuk cara berfikir inovatif untuk terjun di dunia kerja dan mempersiapkan keterampilan di bidang kewirausahaan yang harus dimiliki oleh pemuda dimasa depan.

Dalam program tersebut, ada program lainnya diantaranya student exchange adalah pertukaran pelajar yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dari Universitas di seluruh Indonesia. Student Exchange difokuskan untuk pelatihan pemuda yang berpotensi agar mandiri dan siap menjadi pemimpin yang bersaing di kancah internasional serta sebagai sarana untuk mengenalkan ragam budaya Indonesia ke luar negeri.

Kemudian, program leadership camp program pendampingan untuk dilatih kepemimpinannya dari segi kemandirian dan berpikir inovatif. Halal Tour and Travel merupakan program kunjungan ke tempat sejarah islam seperti masjid dan museum.Program kunjungan ke tempat sejarah islam seperti masjid dan museum. Kelebihan perjalanan yang terjamin waktu sholatnya, makanannya dipastikan halal dan Kunjungan ke tempat bersejarah Umat Muslim.

“Alhamdulillah, Reza ikut di International Youth Leader Batch 16 Kang. Untuk tempat pelaksanaan di Kuala Lumpur Malaysia mulai dari tanggal 14 – 16 Agustus 2021 dengan tema “We Love Palestine”,” kata Reza Pratama saat dimintai keterangannya, Kamis (18/03/2021).

Untuk Kegiatannya sendiri, menurutnya terdiri dari University visit ke Universitas Kebangsaan Malaysia, Leadership class with keynote speaker, Inspiring talkshow.

“Kemudian, Charity concert humanity for Palestine, Halal tour, City tour dan Sharing session,” ujarnya.

Reza Pratama yang merupakan mahasiswa program studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Uniku, memaparkan, bahwa dirinya berhasil lolos dan mewakili Indonesia dalam Internasional Youth Leader Program 2021 di Kuala Lumpur Malaysia.

“Alhamdulillah, saya yang merupakan mahasiswa program studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Uniku berhasil lolos dan mewakili Indonesia dalam Internasional Youth Leader Program 2021 di Kuala Lumpur Malaysia yang didukung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,” paparnya.

Selain itu, Reza sapaan akrabnya, mengungkapkan, rasa syukur atas keberhasilannya lolos seleksi sehingga dapat mewakili Indonesia dalam kegiatan Internasional Youth Leader Program 2021 di Malaysia.

“Rasa syukur bahagia dan bangga bisa lolos dan mewakili Indonesia dalam program tersebut. Semoga, dapat memberikan pengalaman bagi dirinya saya pribadi dan motivasi untuk dirinya serta mahasiswa mahasiswi Uniku lainnya,” ungkapnya.

Sedangkan, Ketua Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku) Rina Masruroh, M. ESy., ini adalah sebuah bukti bahwa mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan mampu bersaing, tidak hanya dikancah nasional etapi juga dikancah Internasional.

“Ini adalah bukti proses pembelajaran di Uniku mampu menghantarkan mahasiswa memiliki prestasi bahkan pada taraf Internasional,” ujarnya.

Rina sapaan akrabnya berharap, dengan lolosnya salah satu mahasiswanya bernama Reza Pratama, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa dan mahasiswi Prodi Manajemen FE Uniku lainnya untuk kembali menorehkan prestasi, baik itu prestasi akademik maupun non akademik.

“Semoga, lolosnya Reza ini dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa dan mahasiswi Prodi Manajemen FE Uniku lainnya untuk kembali berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., pihaknya atas nama pribadi maupun lembaga mengapresiasi Reza Pratama yang merupakan salah satu mahasiswa Prodi Manajemen FE Uniku yang telah lolos dan mewakili Indonesia dalam ajang Internasional Youth Leader Program tahun 2021 di Kuala Lumpur Malaysia.

“Terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas lolosnya dan menjadi wakil Indonesia dalam ajang Internasional Youth Leader Program tahun 2021 di Kuala Lumpur Malaysia,” tuturnya.

Menurutnya, baru saja beberapa waktu yang lalu salah satu mahasiswa Uniku berhasil menorehkan prestasi nasional, pada hari ini kembali salah satu mahasiswanya berhasil mengharumkan nama Uniku di kancah internasional. Reza Pratama dinayatakan lolos dan berhak menjadi wakil Indonesia pada ajang Internasional Youth Leader Program tahun 2021.

“Ini menandakan bahwa mahasiswa dan mahasiswi Uniku, memiliki kualitas dan mampu bersaing dengan mahasiswa dan mahasiswi lainnya yang berada di kota-kota besar. Walaupun kampus kita berada didaerah, namun kita mampu bersaing dan menunjukan kualitasnya dengan raihan prestasi demi prestasi yang ditorehkan,” ujarnya.

Dikatakannya, Uniku yang sudah terakreditasi B oleh BAN PT, sekarang sudah membuka jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan pendidikan tingginya di kampus pertama dan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Uniku yang merupakan kampus pertama yang ada di Kabupaten Kuningan dan menjadi kebanggaanya masyarakat itu, sudah membuka jalur pendaftaran mahasiswa baru, baik jalur reguler gelombang 1 maupun jalur khusus yakni prestasi akademik dan non akademik, KIP Kuliah (bidikmisi) dan jalur hafiz quran. Jadi, jangan ragu lagi untuk memilih kampus kami sebagai tempat untuk melanjutkan jenjang pendidikan tingginya,” katanya dengan nada ajakan.

Dikdik yang kembali menjadi nakhoda Uniku untuk kali kedua itu, berharap, semoga raihan demi raihan prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa dan mahasiswinya itu, dapat menjadi motivasi, suntikan semangat dan dorongan bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Semoga, lolosnya dan menjadi wakil Indonesia pada ajang Internasional Youth Leader Program tahun 2021 atas nama Reza Pratama ini dapat memberikan dorongan, suntikan semangat dan motivasi bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk menorehkan prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik,” harapnya. (releas)** 

Facebook Comments

Check Also

Kampung Dongeng Gelar Festival Hari Dongeng Nasional

KARTINI – Kebijakan untuk melonggarkan kegiatan di masyarakat, termasuk di lembaga p…