MUSIM hujan belum juga usai, cuaca dingin menjadi familiar. Kondisi kesehatan juga harus lebih diperhatikan. Terutama pandemi belum juga berakhir bahkan makin meningkat terus jumlah penderitanya.

Selain butuh asupan vitamin yang cukup, tubuh kita juga butuh asupan nutrisi yang tepat. Cuaca seperti ini tentu akan nikmat jika kita bisa menikmati hidangan berkuah panas dan pedas. Tanpa khawatir bahan berbahaya didalanya.

Sup Ayam dengan Jamur Kering dan Mihun ini saya tahu saat bekerja pada sebuah keluarga China di Singapore. Salah satu resep rahasia untuk menjaga kebugaran. Konon katanya ini makanan turun temurun para raja dari Dinasti terdahulu.

Nah dari pada penasaran yuk kita cobain resepnya. Kunci sempurnanya Sup ini jika dimasak menggunakan Claypot atau panci yang terbuat dari tanah liat karena membantu menjaga aroma jamur kering dan ayamnya tetap terjaga.

Bahan Sup Ayam, Jamur Kering dengan Mihun
(Untuk 6 orang)

1 ekor ayam tanpa kulit/ 1 kg (utuh atau potong sesuai selera)
5 butir jamur kering (rendam dalam air hingga benar-benar mengembang dan lunak)
150 gr mihun (rendam air sebentar kemudian tiriskan)
1,5 ruas jari jahe memarkan
5 siung bawang putih memarkan
3 batang serai memarkan
3 batang daun bawang iris sedang
4 batang seledri iris halus
3 buah tomat iris besar
1000 ml air
1 sdm garam
Lada bubuk
Kecap asin
Cabe rawit iris kecil

Cara Membuat :
Rebus ayam dengan 1000 ml air, saat mendidih saring buih dan darah yang timbul, hingga benar-benar bersih.

Masukkan jahe, sereh, bawang putih dan potongan jamur kering. Jika menggunakan jamur segar, jamur dimasukan terakhir saat sup akan dihidangkan.

Tutup kembali dan rebus kurang lebih 20 menit dengan api sedang. Setelah 20 menit kemudian buka tutupnya bubuhi dengan garam dan lada.

Cara Menghidangkan untuk perorang :

Ambil Mangkuk ukuran sedang, masukan sejumput mihun dalam mangkuk, susun irisan tomat, daun bawang, seledri, serta beberapa irisan jamur diatasnya. Kemudian tuangkan sup dan potongan ayam secukupnya. Terakhir taburi bawang putih goreng.

Hidangkan dengan kecap asin yang telah diberi irisan cabe rawit. Dan lebih nikmat jika ditambah perasan lemon atau jeruk nipis.

Udah terbayang nikmatnya dan sangat sehat karena semua lemak ayam terangkat serta tidak menggunakan penyedap rasa.

Jadi Sup dengan rasa original loh. Nah bunda ayo kita coba dan buktikan hangat dan nikmatnya Sup Ayam dengan jamur kering dan mihun. Bisa tambahkan sayuran jika suka. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Tim Gabungan Sisir Tempat Wisata, dan Lakukan Tes Swab Antigen

KARTINI – Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Kuningan ternyat…