KARTINI – Sejumlah pengusaha kecil menengah terutama yang bergerak di bidang home industri akan segera memiliki gerai produk dan fokus pengembangan pada pemasaran.

Gerai tersebut dirangkul dan akan dikembangkan oleh Komunitas UMKM Ciremai Kuningan (Kunciku) yang memiliki motto ‘Sukses Berkah Berjamaah’.

Ketua Kunciku, Nurdin, S.Pd.I., saat berbincang dengan http://kartinikuningan.net , Jumat (15/1/2021), memaparkan, peluncuran Gerai Kunciku tersebut akan berlangsung di Sekretariat Kunciku yang beralamat Jl.Tunas II No.302 Purwawinangun Kuningan, pada Senin (17/1/2021).

“Selain 13 titik yang direncanakan, telah banyak anggota komunitas yang menawarkan diri untuk membuka gerai Kunciku secara mandiri. Tapi Kami akan membukanya secara bertahap,” ujar Nurdin.

Adapun produk yang ditawarkan di Kunciku tersebut mencakup hampir keseluruhan produk, baik itu makanan, minuman, fashion, dan ekonomi kreatif juga ada, bahkan kerajinan hand craft juga tersedia di anggota Kunciku.

Komunitas Kunciku memiliki misi yaitu menjembatani para kreatif muda, yang bergerak diberbagai dunia usaha kecil. Salah satunya produk komunitas Kunciku yaitu minuman jahe merah organik yang diproduksi oleh seorang petani muda bernama Zovi dari Desa Bandorasa Kec. Cilimus.

Salah satu inisiator terbentuknya komunitas Kunciku, Nunung N. Marzuki, SE., menjelaskan, upaya untuk merangkul semua usaha kecil menengah yang ada di Kuningan dan mensosialisasikan untuk saling bersinergi antara usaha yang satu dengan usaha yang lainnya, dan tidak menjadikan sebagai pesaing melainkan sebagai mitra usaha.

Integritas kinerja Komunitas KUNCIKU dibuktikan dengan peluncuran 13 gerai Kunciku di 13 titik di Kabupaten Kuningan tersebut.

“Sejak awal terbentuknya Komunitas Kunciku Alhamdulillah mendapat apresiasi yang luar biasa langsung oleh Kepala Dinas UMKM Kabupaten Kuningan, dan disambut baik oleh hampir keselurahan pengusaha kecil menengah di Kuningan yang telah resmi menjadi anggota sebanyak hampir 240 usaha kecil menengah,” paparnya.

Sistik Markisa Jadi Pavorit

Untuk saat ini produk unggulan Kunciku yang menjadi pavorit adalah sistik markisa yang baru menjadi anggota tapi langsung menduduki peringkat teratas pemesanan. Meski baru Oktober 2020 dibentuk, namun komunitas Kunciku telah berhasil membuktikan kinerja timnya yang begitu solid untuk terus mengupayakan memberi dukungan bagi para anggota komunitas Kunciku.

Ditambahkan Nurdin, harapan kedepan mampu memberdayakan keseluruhan usaha kecil menengah yang berada di Kuningan, tidak hanya sebatas pemasaran melainkan tujuan jangka panjang untuk terus mengupgrade produknya dan memberdayakan generasi muda untuk menciptakan pengusaha-pengusaha muda yang berhasil dari usaha kecil yang dibangun bersama komunitas KUNCIKU.

“Komunitas Kunciku juga menyambut baik setiap pengusaha kecil menengah yang ingin produknya dipasarkan oleh Komunitas Kunciku, dan tentu apresiasi baik masyarakat dengan membeli/menggunakan produk yang di hasilkan oleh UMKM Kabupaten Kuningan khususnya produk dari Komunitas Kunciku, dengan tujuan mampu menciptakan usaha yang sukses, berkah dan berjamaah,” tutup Nurdin. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…