KARTINI – Daya tarik gunung Ciremai dengan segala keindahan yang terhampar telah menjadi magnet yang luar biasa bagi Kabupaten Kuningan.

Setiap keindahan tersebut memberikan peluang buat para investor untuk berlomba-lomba menyimpan aset mereka di Kuningan terutama sektor Wisata.

Salah satu yang telah membuat mata dunia melirik Kuningan sebagai tempat yang prosfektif kedepan adalah Desa Wisata Cibuntu Kecamatan Pasawahan. Cibuntu tercatat sebagai 5 destinasi wisata dengan konsep home stay terbaik se-Asia Tenggara. Tentu ini pencapaian yang menakjubkan dan prestasi membanggakan untuk Kuningan.

Terlepas dari semua itu, Desa Wisata Cibuntu ingin menjadi lebih baik lagi, tidak sampai di Asia Tenggara saja tapi harapan kedepan menjadi tempat terbaik di Dunia. Tidak ada yang tidak mungkin pastinya dengan kerja keras dan kekompakan warga dan aparatur pemerintahan desa Cibuntu beserta Dinas Pariwisata Kabupaten Kuningan.

Seperti dikutip dari perbincangan dengan Ketua Pokdarwis Desa Cibuntu, Adang Sukanda, pada Minggu (3/1/2021), saat di temui di Pendopo Desa Cibuntu.

“Kami terus melakukan pembenahan dibeberapa tempat dengan konsep yang lebih menarik tanpa merusak keasliannya, terutama ketika pada proses tersebut kita menemukan banyak titik yang penting untuk di publikasikan ke khalayak, salah satunya ditemukannya situs-situs kuno yang telah berumur ratusan tahun,” ujar

Jangan Bosan Upgrading Wisata

Selain itu, penting untuk Cibuntu khususnya umumnya semua objek wisata yang ada untuk selalu melakukan upgrading atau pembaruan sekaligus pembenahan, baik tempat maupun pelayanannya.

Dari sekian yang sudah ada dan akan dibuat seseuai rencana yakni Kampoeng Domba yang telah kita buat, dan yang menjadi rencana dan akan segera direalisasikan adalah menyediakan lahan untuk wisata agro dengan metode edukasi tanaman organik.

Kerja sama dengan masyarakat satu upaya memberdayakan sumber daya manusia yang ada sekaligus membantu perekonomian masyarakat Cibuntu sendiri. Dan tentunya beberapa tempat lainnya pun akan terus dilakukan observasi sebagai upaya menampilkan Cibuntu lebih cantik, tertata namun tetap melestarikan keaslian dan keasriannyan.

Setelah melalui survey ditemukan beberapa curug dan mata air yang berdasarkan penelitian kadar oksigen yang terkandung di mata air desa Cibuntu lebih baik kualitasnya dari mata air yang digunakan oleh salah satu konsumen air mineral terbaik saat ini.

“Jadi itulah pentingnya untuk terus menjaga, merawat dan membenahinya. Agar kita bisa memaksimalkan potensi yang ada dengan tidak merusak ekosistem disekitarnya,” ungkapnya.

Harapan kedepan Desa Cibuntu akan membawa Kabupaten Kuningan dikenal Dunia oleh sebuah keindahan yang ditawarkan dengan tetap menjaga kelestariannya. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Akibat Covid-19, Job Teh Bella Jadi Sepi

KARTINI – Dunia Broadcasting bagi wanita cantik yang masih belia ini sudah menjadi p…