KARTINI – Musim hujan pasti sangat dingin, dan biasanya ingin selalu mengonsumsi yang hangat-hangat.

Minuman yang sedang trending di Kabupaten Kuningan saat pandemi Covid-19 yaitu wedang uwuh, yang kerap digunakan untuk pengobatan tradisional juga meningkatkan imunitas tubuh.

Dalam bahasa jawa wedang berarti minuman, uwuh berarti sampah. Bila disatukan menjadi minuman sampah.

Dikatakan demikian sebab setelah direbus atau diseduh wedang uwuh akan terlihat berantakan seperti sampah rempahan.

Bahan wedang uwuh sendiri terdiri dari daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang hingga gula batu. Wedang uwuh memiliki rasa pedas dengan sensasi segar.

Karena itulah minuman tradisional asal yogyakarta ini memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh, dan cocok sekali diminum saat musim penghujan.

“Dilihat dari bahannya wedang uwuh ini, karena isinya mengandung jahe dan batang seray, maka bisa menimbulkan rasa hangat di dalam tubuh, selain itu di dalamnya juga ada cengkeh, nah selain untuk menghangatkan tubuh cengkeh juga bisa melegakan tenggorokan,”jelas dr. Maria Goreti Novita Dewi Agung Rianti.

Menurutnya wedang uwuh juga bisa meningkatkan imunitas karena terdapat jahe didalamnya. “Dengan kandungan jahe ini, wedang uwuh mampu mengatasi masuk angin, sedangkan batang seray bisa mengurangi pegal – pegal pad tubuh,”ungkap Dokter Maria yang juga consultan kecantikan di klinik amabel kuningan.

Kemudian kayu secang, yang bisa mengobati rasa nyeri, pegal – pegal, dismenore atau nyeri saat menstruasi, dan nyeri perut setelah melahirkan. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kayu secang memiliki sifat manis, asin, dan netral, dan dikaitkan dengan meridian jantung, hati, dan limpa. Fungsi utamanya adalah menyegarkan darah, meningkatkan menstruasi, dan mengurangi rasa sakit dan bengkak.

“Dan satu lagi ini, ada kapulaga juga, yang memiliki khasiat untuk mengobati sakit tenggorokan atau batuk, atau pilek,”paparnya

Oleh sebab itu, sambungnya, wedang uwuh ini cocok dinikmati saat musim penghujan seperti ini. “Dalam satu gelas wedang uwuh ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, maka ketika kita kehujanan atau di saat musim hujan, biasanya orang sering pegal-pegal, sakit badan, nah biar lebih fit, salahsatunya dengan minun wedang uwuh secara rutin untuk membuat badan segar kembali,”paparnya.

Ditanya soal wedang uwuh apakah bisa sebagai obat virus corona, Ia pun belum bisa memastikan. Menurutnya hingga saat ini belum ada penelitiannya secara pasti, namun bila dilihat dari bahan – bahannya, sambungnya, wedang uwuh dapat meningkatkan imunitas tubuh.

“Untuk penelitiannya bisa atau tidak sebagai obat virus corona, saya belum dapat referensinya, cuman bila dilihat dari bahan-bahannya, jelas ini menghangatkan tubuh, maka secara otomatis, apabila tubuhnya hangat maka daya tahan tubuhnya akan lebih baik, tidak gampang sakit dan tidak gampang kena flue , batuk, jadi kemungkinan besar bisa mencegah kita terpapar virus corona,”tutupnya sambil menikmati hangatnya secangkir wedang uwuh. (Dien)**

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…