KARTINI – Curug landung atau jurang landung, salah satu aset wisata yang berjejer dibawah keindahan Gunung Ciremai yang terletak di Kabupaten Kuningan.

Tidak hanya menawarkan keeksotisan air terjun tapi juga lengkap dengan spot-spot poto yang sangat menarik. Buat pecinta travelling tentu menjadi bagian dari daftar tempat yang menjadi tujuan.

Medan yang lumayan menantang untuk tiba dilokasi curug dengan kemiringan hampir 180 derajat ini memicu adrenalin untuk mereka yang senang dengan petualangan. Namun jangan ditanya bagaimana keindahannya, yang pasti seimbang dengan lelah yang kita dapatkan. Keindahan yang sulit untuk dilukiskan hanya dengan kata-kata.

Harga tiket yang murah yakni Rp. 10 ribu/ orang mampu dijangkau siapa saja, serta tiket parkir standar yaitu dua ribu rupiah sampai tiga ribu rupiah saja.

Lokasi Curug Landung

Lokasi curug landung berada di Desa Sagarahiyang yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Kuningan, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 20 menit saja dari pusat kota dengan jarak kurang lebih 9 km.

Rute yang dapat diakses bisa melalui bebera jalur yaitu melalui Jalan Raya Cibungur atau Jalan Cigugur-Palutungan dan Jalan Pejambon-Sagarahiang. Selama perjalanan menuju lokasi kita akan dimanjakan oleh keindahan pemandangan yang begitu hijau, udara yang sejuk tanpa polusi.

Selain itu Curug yang satu ini berbeda dari curug lainnya yang terkesan angker, sedangkan Curug Landung justru terkesan erotik karena tidak terkurung oleh gegap gempitanya hutan namun tidak kehilangan keeksotisannya.

Fasilitas Yang Ada

Di Curug Landung kita tidak khawatir dengan fasilitas umum, seperti toilet dan mushola, juga tempat parkir yang luas dan aman karena semua kebutuhan tersebut telah tersedia dengan  tertata bersih, sehingga membuat nyaman pengunjung.

Juga disediakannya warung-warung kecil untuk kebutuhan makanan pengunjung juga gazebo buat mereka yang membawa bekal sendiri.  

Instagramable

Jangan ditanya kalau spot poto tercantik pasti ada loh di Curug Landung juga. Cobain deh bagaimana adrenalin kita diuji dengan mencoba wahana ayunan gantung, permadani terbang ala tokoh aladin dan putri jasmine, atau wahana terbaru nih sky bike atau sepeda terbang, ada juga balon udara dan jam rakasasa, dan masih banyak spot poto lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Nah konon katanya Curug Landung memiliki mitos loh buat mereka yang ingin mencari jodoh.  Mitos ini bermula dari cerita turun temurun adanya Curug Landung. Dahulu kala ada seorang putri keturunan belanda yang menjalin kasih dengan sseorang pria pribumi, hingga akhirnya mereka menikah dan dimandikan dibawah curug landung ini sebagai salah satu prosesi pernikahan mereka yang diharapkan pernikahan mereka akan langgeng, banyak rizki dan tinggi kedudukannya. Sejak saat itulah Curug Landung ramai didatangi wisatawan.

Curug Landung yang memiliki ketinggian 30 meter ini akan lebih indah jika kalian beruntung bisa melihat pelangi terbias disana, wah indah bukan. Nah mari berwisata ke Kuningan.

Hentikan sejenak rutinitas dan ajak keluarga menikmati keeksotisan Curug Landung, yakin deh pasti ingin datang lagi dan lagi dan lagi. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Tim Gabungan Sisir Tempat Wisata, dan Lakukan Tes Swab Antigen

KARTINI – Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Kuningan ternyat…