KARTINI – Puluhan kader Muslimat NU Kabupaten Kuningan, mengikuti kegiatan Pembekalan Penciptaan Wirausaha Baru, selama tiga hari (3 – 5 Nopember 2020), bertempat di GOR Desa Purwasari Kecamatan Garawangi.

Ketua PC Muslimat NU Kuningan, Hj.Tuti Susilawati kepada http://kartinikuningan.net menuturkan, Pandemi Covid-19 jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dan mematikan kreatifitas, justru harus semangat dan bangkit dari keterpurukan.

“Untuk itu dalam rangka recovery covid-19 dan membantu masyarakat mengasah kreatifitas dan memicu semangat tersebut, PC Muslimat NU Kuningan bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja mengadakan pelatihan kerajinan bagi para kader Muslimat,” ujar Hj.Tuti.

Pelatihan pemberdayaan kerja mandiri tersebut diikuti oleh 20 kader dengan lima kelompok. Mereka mendapat pelatihan dan praktek langsung membuat kue dan roti yang dilatih oleh instruktur Dinas Tenaga Kerja Kuningan dan salah seorang pengusaha roti dan kue.

Dari pelatihan tersebut diharapkan mereka bisa bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi. Selain bisa mengasah kreatifitas untuk keluarganya sendiri, diharapkan dari hasil pelatihan itu bisa menjadi seorang wirausaha.

“Sebagai langkah untuk membantu pemasaran, kami langsung menggandeng pihak kecamatan supaya ketika ada kegiatan, konsumsinya memesan kepada mereka, tidak memesan ke luar. Lewat langkah ini, diharapkan pemasaran mereka terbantu, dan tentunya peserta pun harus bisa mempertahankan kualitas rasa dari makanan tersebut,” paparnya.

Selain mendapat pelatihan, peserta lima kelompok pun mendapat uang transport, bantuan alat dari Kemenaker dan bantuan modal dari PC Muslimat NU sebesar Rp 2 juta per kelompok. Bantuan modal tersebut diharapkan bisa benar-benar digunakan sebagai recovery dan semangat untuk memulai usaha baru.

Kegiatan pelatihan bagi para perempuan kader Muslimat tersebut mendapat respon positif dari Ketua Tim Penggerak PKK Kuningan yang juga sebagai Pembina Muslimat, Hj.Ika Acep Purnama. Ia tidak segan ikut andil dan berbaur dengan peserta saat mempraktekan resep bolu dan kue. (kh)***




Facebook Comments

Check Also

Kampung Dongeng Gelar Festival Hari Dongeng Nasional

KARTINI – Kebijakan untuk melonggarkan kegiatan di masyarakat, termasuk di lembaga p…