KARTINI – Sekilas bunga ini tumbuh liar dipinggir hutan, atau merambat diantara pohon lainnya, juga diantara pagar bambu yang mulai rapuh dihempas musim.

Biru yang cantik menarik pandangan meski sekilas. Bunga Telang (Clitoria Ternatea) tergolong sebagai anggota suku polong-polongan berasal dari Asia tropis.

Bunga telang kini termasuk bunga yang menjadi idola para pencinta tanaman, selain karena warna yang cantik dan khas juga karena telah banyak yang mengetahui manfaat bunga telang bagi kesehatan.

Bunga telang bisa diolah menjadi berapa kebutuhan, diantaranya pewarna alami makanan, sebagai minuman (Teh Bunga Telang), juga diolah menjadi bahan baku beberapa jenis obat-obatan.

Tanaman merambat berwarna biru ini memiliki nama asian Pigein wings atau butterfly pea flower. Warna biru yang dihasilkan bunga ini bisa menjadi anti oksidan (anthocyanins) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat yang ada pada bunga yang sepintas mirip kupu-kupu namun tak sering dihinggapi kupu-kupu ini diantaranya :

a.       Melancarkan metabolisme. Bunga telang yang diolah menjadi teh berkhasiat melunturkan kandungan lemak serta meluruhkan racun yang ada dalam tubuh melalui keringat atau urine. Itu sebabnya bunga telang baik untuk melancarkan metabilisme tubuh kita.

b.      Mengontrol Kadar Gula dalam Darah serta Menurunkan tekanan darah tinggi. Bunga telang menjadi bahan utama sebagian dari obat untuk penderita diabetes, karena terbukti mampu mengontrol kandungan gula dalam darah. Serta ramuan bunga telang juga berkhasiat sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

c.       Baik untuk penghilang stress. Menurut penelitian para ahli bunga cantik berwarna biru ini memiliki fungsi hebat sebagai ansiolitik dan anti depresi.

d.      Sebagai amunisi imunitas yang tinggi. Dibalik bentuknya yang cantik bunga telang juga teruji mampu melawan bakteri jahat dalam tubuh. Itu sebabnya bunga telang yang diolah sebagai minuman memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

e.       Antiinflamasi. Bubuk yang dibuat dari bunga telang berkhasiat sebagai anti peradangan yang menjadi penyebab demam pada tubuh.

f.       Meredakan batuk dan asma serta mengatasi gangguan pada mata.

Cara menanam bunga telang juga cukup mudah, karena bisa tumbuh merambat pada tumbuhan lain atau pada pagar. Juga tidak memiliki media tanah dengan spesifikasi tertentu melainkan bisa tumbuh pada tanah dengan kegemburan yang cukup.

Nah keluarga Kartini Kuningan yuk menanam bunga telang untuk menambah warna taman dan juga menambah koleksi obat-obatan tanpa efek samping. (Vera/berbagai sumber ) **

Facebook Comments

Check Also

Akibat Covid-19, Job Teh Bella Jadi Sepi

KARTINI – Dunia Broadcasting bagi wanita cantik yang masih belia ini sudah menjadi p…