KARTINI – Puluhan UMKM yang ada di Kabupaten Kuningan mengikuti pameran produk makanan dan kerajinan tangan, Minggu (25/10/2020), di Objek Wisata Waduk Darma.

Dari hasil pantauan http://kartinikuningan.net, berbagai stand menawarkan  olahan makanan ringan. Ada yang terbuat dari sayuran, umbi-umbian hingga yang terbuat dari jantung pisang.

Ada juga kerajinan yang terbuat dari limbah kayu dan bambu yang disulap menjadi berbagai karya diantaranya tempat minuman dan miniatur. Tidak ketinggalan ‘kopi Kuningan’, salah satunya Kopi Sekar Wangi Cibeureum, ikut dalam pameran tersebut.

“Peran aktif para pengusaha kecil menengah sangat dibutuhkan. Pameran ini sangat membantu Saya dalam memperkenalkan produk, diharapkan pemasaran yang lebih terkoordinir ini bisa terus bertahan, berkembang dan maju,” ujar Titi Nuryati, pelaku usaha Kopi Sekar Wangi Cibeureum.

Selain membantu mensosialisasikan destinasi wisata yang ada di Kuningan, pameran itu diharapkan menjadi wadah aktif yang diadakan berkala setiap tahunnya. Serta menjalin kerjasama simbiosis mutualisme antar pemerintah yang diwakili Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian serta para pelaku usaha kecil menengah.

Namun demikian masih banyak PR yang perlu dibenahi, karena dari pelaksanaan pameran kemarin ternyata banyak masyarakat dan pelaku UKM yang tidak mengetahui.

“Mungkin sosialisasinya kurang atau memang sengaja adanya pembatasan peserta. Karena pameran diadakan tetap dengan mengikuti protokol kesehatan,” ujar pelaku UKM lainnya.

Harapan kedepan tentu pameran ini akan berjalan lebih baik serta merangkul lebih luas pelaku UMKM yang ada. Untuk pelaku UMKM sendiri diharapkan aktif menginformasikan produknya ke Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian untuk menyisir usaha mana saja yang perlu bantuan baik permodalan usaha maupun pemberian pelatihan pemasaran produknya. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…