KARTINI – Akhir pekan tiba, mau coba lokasi yang akan saya tawarkan?, pasti sahabat Kartini Kuningan, suka. Waduk Darma, siapa yang tak tahu tempat itu, keindahannya telah menyebar hingga terdengar ke negeri luar. Pesonanya menyihir para traveller untuk menjelajahi seluruh area Waduk Darma.

Diarea seluas + 425 ha, dipercantik dengan dikelilingi lembah dan bukit nan hijau serta pemandangan yang indah didukung udara yang sejuk. Kapasitas genangan air + 39.000.000 m3. Jarak objek wisata ini adalah + 12 km dari kota Kuningan dan 37 km dari arah kota Cirebon. Waduk Darma terletak di desa Jagara Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Lokasi strategis karena berada di jalan lintasan Cirebon-Kuningan-Ciamis.

Waduk Darma selain sebagai objek wisata merupakan roda utama perputaran ekosistem yang ada, selain berfungsi sebagai penampunagan air untuk pengairan dan perikanan juga berfungsi untuk rekreasi keluarga dan tempat berolah raga yang asik.

Pasca revitalisasi dan mulai dibuka kembali dibulan Juni 2020, Waduk Darma terlihat berbeda, selain penataan yang makin apik serta beberapa bangunan penunjang untuk melengkapi tujuan menjadikan Waduk Darma sebagai danau terindah di dunia akan segaera terwujud.

Meski pengerjaannya belum rampung namun keindahan tersebut telah terlihat jelas, antusias pengunjung sangat tinggi sejak kembalinya dibuka untuk umum. Dengan harga tiket 15.000 perorang cukup terjangkau oleh masyarakat luas.

Waduk Darma terus berbenah, 9 unit camping ground, 4 gajebo, lanndscape/taman, plaza, wahana bermain dan pasilitas lainnya termasuk kolam retensi dan boardwalk. Ditunjang lahan parkir yang sangat luas mempermudah pengunjung untuk menikmati keindahan salah satu tujuan wisata terfavorit di Kuningan ini.

Nah ayo ajak keluarga berwisata ke Waduk Darma, sahabat juga bisa berkeliling waduk loh dengan menggunakan getek sebagai alat transfortasi. Ada yang istimewa  saat musim kemarau seperti sekarang ini, sahabat bisa menikmati kemunculan Pulau Datar yang konon katanya dulu merupakan perkampungan penduduk, bahkan kalian bisa berjalan kaki menuju pulau tersebut saat suhu air makin surut dimusim kemarau.

Berolah raga asik sekaligus berwisata menarik dengan tiket murah meriah serta fasilitas publik lengkap dan bersih, serta kuliner beraneka ragam cocok untuk keluarga, hanya ada di Waduk Darma. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Naiklah Tinggi Tanpa Menjatuhkan…….

“Naiklah tinggi tanpa menjatuhkan teman mu, bahagialah tanpa menyakiti teman mu̶…