KARTINI – Meskipun belum mampu mengejar kejuaraan umum, namun beberapa kafilah dari Kabupaten Kuningan bisa meraih juara MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat ke-36 tahun 2020, yang digelar di Kabupaten Subang dari tanggal 3 hingga 11 September.

Kabag Kesra Setda Kuningan, Nurjati menjelaskan, kafilah yang menorehkan kejuaraan tersebut diantaranya, Ayi Yusri Ahmad Tirmidzi, asal Desa Kertayasa RT 06/RW 03 Kecamatan Sindangagung meraih peringkat pertama pada cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ). Ia dijanjikan Bupati Kuningan H.Acep Purnama untuk diberangkatkan Umroh. Sedangkan yang lainnya, akan menerima kadeudeuh saja.

Selain itu, Muhamad Riyan Amirudin meraih peringkat Harapan 2 cabang Qiroat Sab’ah Dewasa Murrotal dan Luthfi Muhammad Al-Fatih meraih peringkat Harapan 2 cabang Tafsir Bahasa Arab. Untuk juara 1 mendapatkan piala, sedangkan juara harapan mendapatkan piagam dan uang pembinaan.

Sebelumnya, 40 orang Kafilah mewakili Kabupaten Kuningan di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. Terdapat 7 kecabangan yang dilombakan, diantaranya lomba Tilawah, Tahfidz, Tafsir, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Makalah Al-Quran, dan lomba Kaligrafi.

MTQ dilaksanakan secara rutin dua tahun sekali. Tahun ini, MTQ dilaksanakan dengan tema LPTQ “mewujudkan generasi Qur’ani menuju Jabar juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi”.

Tujuan diadakannya kegiatan MTQ ke-36 ini adalah, untuk memasyarakatkan Al-Qur’an dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an di kehidupan masyarakat jawa barat, sebagai media dakwah dan syiar Islam dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dalam membaca, mengkaji dan memahami nilai-nilai Al-Qur’an.

Mengembangkan kecintaan terhadap Al-Qur’an melalui qori dan qoriah, hafiz dan hafizah, penulis kaligrafi dan penulis makalah Al-Qur’an sebagai bentuk pendakwahan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan, serta menetapkan peserta terbaik dari Kabupaten/Kota se-Jawa Barat untuk mewakili Jawa Barat pada ajang LPTQ Nasional di Kota Padang pada bulan November 2020 mendatang.

Dari Kabupaten Kuningan, terdapat 10 kecabangan yang diikuti dari 10 kecabangan yang dilombakan, diantaranya tartil anak 2 orang, tilawah anak 2 orang, tilawah remaja 2 orang, tilawah dewasa 2 orang, muzawwad dewasa 2 orang, murotal dewasa 1 orang, tahfidz 1 juz dan tilawah 2 orang, tahfidz 5 juz dan tilawah 2 orang.

Tahfidz 10 juz 2 orang, tahfidz 20 juz 2 orang, tahfidz 30 juz 2 orang, tafsir bahasa arab 1 orang, tafsir bahasa indonesia 1 orang, tafsir bahasa inggris 1 orang, MFQ 6 orang, MSQ 6 orang, MMQ 2 orang, KHAT 2 orang. Total peserta adalah sebanyak 40 orang, dengan pembina sebanyak 7 orang dan official sebanyak 10 orang. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…