KARTINI – Kabupaten Kuningan merupakan daerah yang masih memiliki potensi pertanian yang cukup tinggi, sehingga masyarakatnya harus gemar, semangat dan kreatif dalam memanfaatkan lahan pertaniannya secara optimal dan juga harus mampu menularkannya kepada yang lainnya.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Kuningan H.M.Ridho Suganda, saat diskusi bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Makmur Mandiri, Desa Cinagara, Kecamatan Lebakwangi, Kamis (10/9/2020), yang dilanjutkan panen padi bersama para petani didampingi sejumlah Penyuluh Pertanian.

Kuningan merupakan salah satu darah yang diandalkan dalam ketahanan pangan negara, dan banyak daerah tetangga Kuningan yang juga sangat mengandalkan pertanian di Kabupaten Kuningan. Mereka bisa menikmati hasil pertanian kita kalau kita berproduksi dengan baik, dan juga mereka bisa mempunyai keuntungan karena petani Kuningannya masih bisa terus bertani. Sebagai kabupaten penunjang pangan bagi daerah lain, maka kita harus lebih optimal dalam pengolahan lahan pertaniannya, itu yang paling penting,” tutur Wabup.

Selanjutnya Wabup mengemukakan, berprofesi sebagai petani harus menjadi sebuah kebanggaan, karena menurutnya, petanilah yang menjadi poros utama negara ini. Selain itu, Wabup juga meminta para petani untuk menularkan kemampuan bertaninya kepada para pemuda, agar regenerasi pertanian dapat berlanjut.

“Menjadi petani saat ini harus dijadikan kebanggan kita dalam melakukan sebuah profesi dan ini harus ditularkan kepada seluruh anak-anak muda. Nah kira-kira apa yang harus kita lakukan dari pihak pemerintah dengan masukan dari penyuluh dan bapak/ibu petani. Kita juga harus bisa membuka pemikiran para pemuda jika ternyata jadi petani itu adalah profesi yang menjanjikan,” ujarnya.

Wabup berharap, dengan silaturahmi tersebut, diharapkan para petani yang tergabung dalam Gapoktan Makmur Mandiri dapat memberikan masukan bagi Pemkab Kuningan guna mencari solusi bagi pengembangan pertanian yang ada di Kabupaten Kuningan. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…