KARTINI – Setelah pekan kemarin Kakanwil Lapas melakukan razia di kamar tahanan Lapas Kelas II A Kuningan, kini giliran KPLP menggeledah kamar tahanan dan ditemukan sejumlah barang terlarang.

Penggeledahan tersebut berlangsung pada Senin (24/8/2030), dipimpin langsung
Kepala KPLP, Amirudin Ismail, didampingi Kepala Lapas Kelas II A Kuningan, Gumilar Budi Rahayu. Selepas apel pagi, Kalapas Gumilar memerintahkan untuk melaksanakan penggeledahan kamar hunian warga binaan, menyisir semua tempat yang mencurigakan, dan mengumpulkan hasil rajia.

“Dalam penggeledahan, kita tetap memperlakukan warga binaan dengan humanis, karena kita adalah pelayan mereka, namun demikian supremasi hukum tetap di atas segalanya. Kegiatan ini juga sebagai deteksi dini mencegah gangguan keamanan ketertiban Lapas,” ujar Kalapas.

Dikatakannya, minggu kemarin, dibawah pimpinan Kakanwil Lapas, sudah dilaksanakan penggeledahan. Semua barang yang dilarang sudah tidak ada.

“Dan apabila sekarang ditemukan lagi bahkan ada oknum pegawai yang terlibat, saya tidak akan segan mengambil tindakan tegas,” tandas Kalapas.

Meskipun penggeledahan barang terlarang dan akan menindak tegas pelaku pelanggaran, namun Kalapas Gumilar tetap menghimbau kepada semua tahanan supaya tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19 tersebut. Juga steril dari barang-barang terlarang yang ada di warga binaan.

Di masa normal baru, setiap orang harus dapat menyesuaikan diri dengan pola hidup baru. Kementerian Hukum dan HAM RI pun sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan pandemik corona yang ditemukan cluster baru seperti masuk ke Kawasan perkantoran maupun perusahaan.

Sementara itu, Kepala KPLP, Amirudin menerangkan, bahwa kegiatan penggeledahan berjalan lancar. Sosialisasi tentang peraturan, hak dan kewajiban warga binaan pun terus digencarkan.

“Kita sampaikan hal ini secara baik sehingga mereka dapat mematuhi aturan mana yang boleh dan mana yang dilarang sehingga jelas aturan di Lapas Kuningan ini. Kegiatan ini akan intensif terus dilaksanakan dalam upaya memerangi dan membasmi barang terlarang sebagai upaya menciptakan suasana Lapas Kuningan yang tertib dan aman,” paparnya.

Dalam penggeledahan tersebut ditemukan barang-barang terlarang seperti gantungan baju besi, pisau cutter, sendok, ikat pinggang, cermin dan gunting kuku. Semuanya disita oleh petugas. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Menu Hemat Saat Uang Belanja Nyaris Tamat

KARTINI – Tanggal tua biasanya memang isi dompet sudah mulai menipis, apalagi ditamb…