KARTINI – Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI menilai program PKM dan PHP2D yang dibawa mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku) mempunyai keunggulan, sehingga dinyatakan lolos dan berprestasi.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun http://kartinikuningan.net , PHP2D adalah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa tahun 2020 yang dibawa oleh Himpunan Mahasiswa Tekhnik Informatika (Hima TI) Fakultas Ilmu Komputer Uniku, dan dinyatakan lolos oleh Dirjen Dikti Kementrian Dikbud.

Rektor Uniku, DR. Dikdik Harjadi memaparkan, lolosnya Hima TI dalam PHP2D ini menjadi kebanggaan dan spirit yang luar biasa bagi Uniku, karena di tahun 2020, walaupun masih dalam kondisi pandemi covid-19, namun mahasiswa dan mahasiswi Uniku mampu berkreatifitas dan menunjukan kualitas serta eksistensi dalam peningkatan mutu pendidikan yang ada di Uniku.

Hima TI yang dinyatakan lolos pendanaan PHP2D tahun 2020 tersebut dengan judul proposal “Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa Model dan Implementasi Pemerintah Desa Berbasis Teknologi dan Informasi” diusulkan dalam PHP2D oleh para pengurus Hima TI angkatan 2017 sebanyak 1 orang, 6 orang angkatan 2018 dan 2019 ada 7 orang dengan 1 dosen pembimbing.

Lebih jauh Dikdik menjelaskan, tujuan dari proposal yang diajukan dan didanai pada PHP2D Dirjen Dikti Kemendikbud RI tersebut adalah untuk menerapkan teknologi informasi dalam tata kelola desa
penerapan teknologi dalam pengelolaan Desa Cisantana, diharapkan dapat memberikan data dan informasi yang kredible sehingga ada keterbukaan antara pihak aparatur desa dengan masyarakat desa.

“Selain itu, teknologi dapat dijadikan sebagai alat untuk mengenalkan kekayaan alam Desa Cisantana ke seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan desa, pengembangan desa Cisantana dapat dilakukan dengan mensinergiskan pembangunan fisik (infrastruktur) dan non fisik (kapasitas aparatur dan keberdayaan masyarakat desa Cisantana).

“Pembangunan di bidang fisik dan non fisik pada hakekatnya merupakan upaya pemanfaatan sumber daya alam lokal yang potensial untuk memakmurkan masyarakat desa tersebut melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan berkelanjutan yang merupakan salah satu pendukung pengembangan ekonomi kerakyatan dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan desa Cisantana itu sendiri,” tambahnya.

Sedangkan, Almatha’na selaku Ketua, mengungkapkan, meskipun sedikit terlambat menerima informasi, namun berkat kerja keras, dan berusaha semaksimal mungkin untuk berjuang PHP2D, akhirnya dapat tembus dari sebanyak 1.100 lebih proposal, Hima TI Uniku menjadi salah satu dari 253 proposal yang dilirik oleh pihak penyelenggara PHP2D.

Dirinya beserta teman-temannya, berharap, dengan adanya PHP2D itu, apalagi adalah perdana, dapat menjadi pacuan awal untuk Uniku lebih jaya lagi kedepannya.

PKM pun Lolos

Sebelumnya, Mohammad Irwansyah Somantri, mahasiswa semester tiga dari program studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) Fakultas Ilmu Komputer (FKOM), dinyatakan lolos seleksi pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Dirjen Dikti Kemendikbud RI 2020.

Informasi lolosnya Irwansyah sapaan akrabnya itu, berdasarkan surat pemberitahuan dari Dirjen Dikti Kemendikbud RI nomor 1686/E2/TU/2020 tanggal 05 Agustus 2020.

Dikdik menambahkan, bahwa Mohammad Irwansyah Somantri ini dalam PKM tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti Kemendikbud RI tersebut, berhasil lolos pendanaan dengan judul proposal “Inovasi Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Pemasaran Produk Olahan Makanan Tradisional Untuk Meningkatkan Keuntungan Masyarakat Desa Cibinuang”.

“Alhamdulillah, berbagai prestasi nasional kembali ditorehkan oleh mahasiswa dan mahasiswi Uniku pada masa pandemi covid 19. Selama pandemi ini, sudah banyak prestasi yang diraih. Ini adalah prestise buat Uniku dan semoga terus berprestasi untuk pembangunan di negeri ini,”paparnya. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…