KARTINI – Sekalipun Bupati Kuningan H.Acep Purnama sudah menganjurkan lembaga pendidikan untuk bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka, namun sebagian besar sekolah belum memulainya.

Berdasarkan pantauan http://kartinikuningan.net pada Senin (3/8/2020), seperti SDN 17 Kuningan, SDN 2 Kuningan, SDN Cigintung, dan beberapa SD Negeri di kecamatan belum ada yang memulai jam sekolah, masih melalui belajar lewat daring dan kelompok.

Peraturan Bupati (Perbup) No 59 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), yang dikeluarkan pada tanggal 31 Juli 2020, untuk pasal pedoman pembelajaran tatap muka di sekolah sepertinya belum tersosialisasikan, dan pemahamannya masih simpang siur. Disdik menunggu ajuan dari sekolah, dan sekolah pun menunggu instruksi dari Disdik.

“Kami masih menunggu surat dari Disdik dan akan dimusyawarahkan dulu dengan pihak K3S. Jadi kami belum bisa memulai jam belajar tatap muka di sekolah,” ujar APIP Mustopa kepada wartawan.

Padahal di sekolah SDN Cigintung sendiri, SOP untuk pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 sudah disiapkan. Seperti tersedianya beberapa tempat cuci tangan, protokol kesehatan bagi guru (masker dan face shield) dan pengaturan jarak antar murid di kelas.

Begitupula di SDN 17 Kuningan, nampak masih lengang dan pihak sekolah belum mengajukan surat ke pihak pemerintah (Disdik), karena mereka pun hrus musyawarah dulu dengan pihak komite.

Disdik Menunggu Ajuan Sekolah

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan, Uca Somantri menjelaskan, jika pihak Disdik tidak akan memaksakan pihak sekolah dengan mewajibkan, namun pihaknya tetap menunggu ajuan dari pihak sekolah.

“Kami tetap menunggu ajuan proposal dari sekolah, itu patokannya, bukan Kita yang memaksakan mereka. Tapi hingga jam sekarang (Senin (3/8) pukul 11.00 wib), belum ada surat ajuan yang masuk ke Kami,” ujar Uca.

Setelah ada ajuan, maka pihak Disdik akan memverifikasi sekolah tersebut. Verifikasi yang dimaksud adalah kesiapan SOP nya. Jika sudah memenuhi standar pembelajaran di masa Pandemi, maka Disdik akan merekomendasikan sekolah untuk membuka pembelajaran tatap muka.

Tetapi jika hasil verifikasi, sekolah tidak menggunakan SOP, maka Disdik pun tidak akan merekomendasikan sekolah tersebut membuka pembelajaran tatap muka. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Menu Hemat Saat Uang Belanja Nyaris Tamat

KARTINI – Tanggal tua biasanya memang isi dompet sudah mulai menipis, apalagi ditamb…