KARTINI – Munculnya kesan “perseteruan” antar Paseban vs H. Acep Purnama selaku Pimpinan tertinggi lembaga Eksekutif Pemkab Kuningan (Bupati) yang terekspose diberbagai media massa, baik online, cetak maupun elektronik tidak seharusnya terjadi, jika kedua belah pihak sadar posisinya masing masing.

Demikian dilontarkan salah seorang pengamat, Sujarwo, kepada htpp://kartinikuningan.net , Sabtu (25/7/2020). Menurutnya, Paseban yang merupakan bagian dari masyarakat Kab. Kuningan yang saat ini dipimpin oleh H. Acep Purnama, ketika menginginkan sesuatu termasuk izin membangun Batu Satangtung yang dipersiapkan untuk pemakaman leluhurnya, sudah seharusnya menempuh prosedur dan mekanisme yang sudah baku dan berlaku di Kab. Kuningan.

“Ketika seluruh prosedur dan mekanisme baku dan berlaku tadi tidak terpenuhi, dan memicu reaksi dari banyak kalangan tentunya sudah menjadi kewajiban dan kewenangan Bupati untuk menerapkan dan menegakan aturan yg sudah ditetapkan,” ujarnya.

Bicarakan Layaknya Anak Dengan Orangtua

Jika menilik dari pernyataan Bupati, muncul kesan bahwan prosedur dan mekanisme tadi tidak dipenuhi oleh pihak Paseban. Artinya apa yang dilakukan staf Bupati, dalam hal ini Satpol PP melakukan penghentian pembangunan Batu Satangtung sudah prosedural dan bukan bentuk kesewenang- wenangan.

“Kalaupun muncul bentuk kekecewaan dari pihak Paseban terhadap Kebijakan Bupati, hendaknya dapat dibicarakan layaknya anak dengan orang tuanya, tanpa harus melaporkan ke banyak pihak. Saya yakin, H. Acep Purnama selaku Bupati Kuningan punya komitmen untuk mengakomodir semua kepentingan masyarakat yang dipimpinnya,” papar Mang Ewo (panggilan akrab Suajarwo).

Pada bagian lain, jajaran Pemkab Kuningan di bawah kepemimpinan H. Acep Purnama juga hendaknya dapat memberikan kepastian, apakah pembangunan Batu Satangtung akan diizinkan jika prosedur dan mekanismenya sudah dipenuhi ileh pihak Paseban.

Artinya jika memang tertutup peluang untuk pemberian izin pembangunannya, alangkah eloknya jika disampaikan dengan tegas dan lugas kepada pihak Paseban. “Tentunya, dalam menentukan dan mutuskan kebijakan tidak terlepas dari reaksi yg muncul di masyarakat,” tandasnya. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

80 Persen Kematian Akibat Serangan Jantung Ternyata Dapat Dihindari

KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, a…