KARTINI – Predikat miskin bagi Kabupaten Kuningan memang masih pantas disandang, karena ternyata masih banyak penduduknya yang belum memiliki rumah. Bahkan ada rumah yang dibantu pembangunannya oleh pemerintah malah dijual hanya untuk menutupi kebutuhan sehari-harinya.

Seperti yang dialami oleh Abah Rokadi (60), warga Desa Ciasih Blok Cimanggu Rt 04, Rw 01 Kecamatan Nusaherang yang hidup sendiri tanpa keluarga dan menempati gubuk, beberapa hari lalu mendapat bantuan dari Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) sebagai mitra kerja Pemkab Kuningan.

“Sebenarnya Abah Rokadi pada tahun 2010 pernah mendapat program rutilahu, tetapi setelah rumahnya diperbaiki dan layak huni malah dijual oleh yang bersangkutan untuk biaya kebutuhan sehari-hari, dan ternyata dia juga memiliki masa lalu yang kurang harmonis dalam hubungan dengan keluarga sehingga ditinggalkan oleh keluarganya,” ujar Kepala Desa Ciasih, Suherman, saat menerima kunjungan LKKS.

Ditambahkan Suherman, sebenarnya Abah Rokadi masih memiliki sebidang tanah pribadi seluas 20 bata yang rencananya mau dibangun rumah oleh pemerintah desa, apabila bantuan dari donatur sudah terkumpul dan digabung dengan dana dari pemerintah serta bantuan dari masyarakat.

Tidak hanya dari LKKS, Bupati Kuningan H. Acep Purnama pun tergugah hatinya, dan memberikan bantuan matrial berupa semen, pasir, batu bata, kusen pintu dan jendela. “Karena ini merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh Kita semua, bagi siapa saja yang mampu supaya terketuk untuk memberikan bantuan kepada tetangga, kerabat da siapapun yang membutuhkan,” pinta Bupati Acep.

Mengenai kasus warga yang pernah mendapat bantuan lalu dijual kembali, ia mengaku akan membuka ruang bagi seluruh masyarakat apabila ada temuan, aspirasi dan informasi dari warga Kuningan. Terkait adanya warga yang masih menghuni rumah tidak layak huni untuk segera dilaporkan ke Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan.

Begitupun dengan LKKS Kabupaten Kuningan yang merupakan mitra kerja pemerintah daerah dalam bidang pembangunan sosial, dimana Ketua LKKS Hj. Ika Acep Purnama akan membantu penuh Pemerintah Daerah untuk dalam memberdayakan masyarakat dan menggalang partisipasi salah satunya untuk pembangunan rumah tidak layak huni, dan telah melakukan peninjaun ke lokasi.

“Insya Allah LKKS Kuningan akan membantu pengadaan material dan kelengkapan untuk pembangunan rumah Abah Rokadi setelah menerima informasi dari Pemerintah Desa terkait kekurangan materialnya. Seperti yang pernah ia bantu untuk warga di desa lainnya,” kata Bunda Ika. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Kampung Dongeng Gelar Festival Hari Dongeng Nasional

KARTINI – Kebijakan untuk melonggarkan kegiatan di masyarakat, termasuk di lembaga p…