APA kabar keluarga Kartini?, pasti tahu dong nikmatnya minuman madu dan lemon. Nah yuk kita cari tahu apa saja sih keistimewaan dari madu dan lemon ini.

Madu memiliki rasa manis sedikit asam yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan pengobatan Islam mengajarkan untuk mengkonsumsi madu secara rutin guna menjaga kekebalan tubuh dari segala penyakit.  Adapun manfaat yang terkandung dari segelas minuman madu dan lemon diantaranya

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Madu mengandung anti bakterial tinggi sehingga bila dikonsumsi secara rutin akan meninggatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.

2. Memperbaiki saluran pencernaan

Pola hidup diera global ini banyak tak sehat lagi termasuk juga dari pola makan. madu dan lemon juga bemanfaat untuk melancarkan pencernaan.

3. Mencegah serta mengobati batuk dan radang tenggorokan

Minuman madu dan lemon juga bisa digunakan sebagai obat batuk dan radang tenggorokan terbukti dari berbagai oba-obatan yang kita temukan ditoko-toko obat atau apotik komposisi obat tersebut berisi madu dan lemon.

4. Menjaga kestabilan gula darah

Madu yang juga mengandung glukosamin alami lebih baik dari gula itu sebabnya dengan meminum madu secara rutin akan menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

5. Mencegah dehidrasi

Minuman madu dan lemon mengandung elektrolit dan senyawa penting untuk mencukupi kebutuhan kalori dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kehebatan madu dan lemon juga tidak saja untuk bagian dalam tubuh tapi juga kulit kita. Karena minuman tersebut terbukti berfungsi mengganti sel-sel kulit yang mati dan menjaga kelembaban kulit. Itulah yang menjadi alasan madu dan lemon juga digunakan sebagai bahan utama dalam produk kosmetik.

7. Sebagai detoksifikasi tubuh

Tubuh kita setiap hari mengkonsumsi berbagai makanan yang tentu tidak keseluruhan dari makanan tersebut baik beberapa diantaranya tanpa kita sadar makan yang dikonsumsi mengandung beberapa zat kimia berbahaya itulah kenapa dianjurkan meminum madu dan lemon yang berfungsi untuk melarutkan racun yang dibawa oleh zat berbahaya tersebut.

8. Menurunkan berat badan

Selain baik untuk kesehatan ternyata minuman madu dan lemon juga banyak digunakan sebagai diet yang sukses dan tidak berbahaya. Karena keduanya sangat bagus dalam proses pembakaran lemak tentu akan lebih baik jika diminum disaat perut masih kosong. Imbangi dengan olah raga dan minum air putih yang cukup minimal 2 liter perhari.

9. Meningkatkan energi

Madu yang telah melewati serangkaian penelitian telah menunjukkan hasil mencengangkan karena dalam madu mengandung banyak sekali zat terbaik yang dibutuhkan tubuh. Termasuk meningkatkan energi dalam tubuh alasan itulah setiap atlit rutin mengkonsumsi madu.

10. Mencegah bau mulut.

Wangi citrus yang terkandung dalam lemon juga terbukti mampu menghilangkan bau mulut.

Mari kita coba dan jadikan sebagai rutinitas sehat setiap hari. Dengan mengkonsumsi segelas minuman yang telah diberi 2 sendok madu dan setengah butir lemon. Bisa dicampur dengan air putuh hangat atau dicampur kedalam teh akan lebih nikmat rasanya.

Jadi tidak perlu mahal bukan untuk mendapatkan kulit yang cerah serta tubuh yang sehat agar selalu terlihat muda cukup dengan mengkonsumsi minuman madu dan lemon.

Seperti sabda Rasulullah : “Barang siapa yang minum madu 3 tegukan dalam setiap bulannya dia tidak aka terkena “bala” yang besar.” (Hadits Ibnu Majah).

Oleh : (Vera Verawati, 090720)

Facebook Comments

Check Also

80 Persen Kematian Akibat Serangan Jantung Ternyata Dapat Dihindari

KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, a…