KARTINI – Pelaksanaan Program Gebyar Pemeriksaan Swab secara masif di Kabupaten Kuningan sudah menginjak hari ke-5, dan sudah ada 826 warga Kuningan yang di-PCR (Polymerase Chain Reaction) Swab Test virus corona tersebut. Apakah mereka ada yang terjangkit Covid-19?

“Sejak hari pertama dilakukan yaitu tanggal 18 Juni, Kita menyasar di Kecamatan Kuningan, Lebakwangi dan Kramatmulya dan terus dilakukan secara bertahap di semua kecamatan. Ini baru hari ke-lima, dan sudah ada sebanyak 826 warga yang di-swab. Secara bertahap Kita kirimkan ke laboratorium tapi hasilnya belum bisa diketahui,” papar Kepala Dinas Kesehatan, dr.Hj.Susi Lusiyanti, kepada kartinikuningan.net, Kamis (25/6).

Test PCR di Kuningan tersebut selama 10 hari kerja di 32 Kecamatan dengan target 1.480 orang. Sasaran warga yang di Tes Swab tersebut adalah ODP, PDP, tenaga kesehatan, pemuka agama, pelaku mudik, kontak testing positif, pedagang pasar, dan orang yang terdaftar di Pikobar.

Tidak sekedar Tes PCR Swab saja, setelah selesai pada 31 Juni, Pemkab Kuningan akan langsung mengadakan Rapid Masal serentak juga di 32 kecamatan. “Kita akan mengaktifkan seluruh pusling di 32 kecamatan, sasaran kita antara 100 sampai 200 rapid jadi sekitar 3.200 kita akan merapid di seluruh Kabupaten Kuningan,” katanya.

Hal tersebut dilakukan supaya benar-benar meyakini bahwa di Kuningan bersih dengan zona birunya, tidak sekedar prediksi global saja, tapi ditetapkan dari hasil sampling swab dan rapid tes menyeluruh di semua kecamatan. Kecamatan yang sudah tersasar swab adalah (selain tiga diatas-red), Kec Cilimus, Darma, Cigugur, Luragung, Ciaiwigebang, Pancalang, Cibingbin, Cidahu, Ciwaru, Mandirancan, Japara, Selajambe dan Kadugede.

“Mudah mudahan kedepan tidak ada lagi kasus yang ada di kita sehingga kita dapat beralih ke zona hijau. Mudah-mudahan Kabupaten Kuningan bersih selamanya, dan Covid di Kuningan kasusnya terus menurun,” harapnya.

Seperti diketahui saat ini status level kewaspadaan Kabupaten Kuningan di Jabar berada di zona biru. Sehingga Pemprov Jabar menurnkan bantuan alat tes swab massal untuk masyarakat Kuningan, dengan tujuan untuk meningkatkan akurasi data lebih tinggi dan lebih tepat, dan memastikan bahwa Grafik Penyebaran Covid-19 di Kab.Kuningan benar benar melandai. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…