KARTINI – Aktivitas masyarakat  Kuningan berangsur menuju transisi tatanan kehidupan baru menjadi perhatian Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXVI Kodim 0615 /Kuningan.

Salah satu yang menjadi perhatian di masa pandemi Covid-19 adalah Ketahanan Pangan dan perikanan, hal tersebut menjadi motivasi  Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXVI Kodim 0615/Kuningan untuk memanfaatkan lahan yang ada, yaitu dengan menanam tanaman hidroponik dengan media rock wool, dan panen ikan air tawar.

Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXVI, Kodim 0615/Kuningan, Vina Karter Joyi Lumi, menjelaskan, salah satu cara terbaik yang dapat menjadi pilihan untuk bercocok tanam di lahan yang terbatas adalah dengan tanaman Hidroponik.

“Hidroponik sendiri merupakan budidaya menanam yang dilakukan Persit, dengan menggunakan rockwool sebagai media dan air, tanpa menggunakan tanah. Hidroponik lebih praktis karena kita tidak perlu melakukan pengolahan tanah sebelum penanaman,” paparnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Sedangkan alat yang digunakan untuk di kantor Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXVI Kodim 0615/Kuningan adalah Instalasi  pipa PVC ataupun barang bekas seperti botol minuman.

“Penanaman Hidroponik selain praktis juga dapat menghasilkan tanaman yang sehat. Fungsi tanah sebagai bahan tanam ini diganti dengan bahan lain seperti arang, sekam, rockwool, dan pemenuhan unsur hara yang digunakan dipenuhi dengan pemberian larutan nutrisi,”terangnya.

Vina berharap dengan media rockwool bisa berhemat dan mendapatkan sayuran yang sehat dan segar. “Ini juga bisa menjadi alternatif bagi keluarga yang ingin bercocok tanam tapi terkendala lahan,” katanya.

Nah bagi yang terkendala lahan, busa juga memakai peralatan yg ada dirumah, seperti ember dan gelas plastik. Sedangkan untuk budi daya ikan bisa dimasukan dalam ember. “Jadi kita bisa manfaatkan hasil panen sayurnya dan ikannya dari satu wadah yg sama,” pungkasnya.

Selamat mencoba Sahabat Kartini. Bercocok tanam tidak usah bingung dengan alasan lahan ya, tapi dengan cara dan tips diatas bisa dilakukan, dan bisa menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. (dien)**

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…