SEMANGAT pagi keluarga Kartini. Masih bingung mengawali hari libur dan akhir pekan dengan apa?, yuk coba tips sederhana ala Keluarga Kartini. Udara pagi adalah udara terbaik tanpa polusi. Oksigen yang dihasilkan dipagi hari ba’da subuh adalah oksigen terbaik untuk mengisi paru-paru kita.

Nah jangan disia-siakan yah. Ayo bangunkan seluruh anggota keluarga untuk menikmati saat terbaik bersama-sama dengan sebuah keseruan dan tentunya untuk tetap menjaga keharmonisan dalam keluarga.

Salah satu olah raga sederhana namun bisa sekaligus berwisata yaitu lari pagi, bersepeda atau jalan santai. Tak usah jauh cukup berkeliling jalanan desa hingga ke desa sekitar yang bertetangga. Siapa tahu kita menemukan view yang indah untuk diabadikan. Jangan lupa untuk membawa air minum yah, dan karena masih masa New Normal tetap kenakan masker. Yuk kita mulai olah raganya.

Saya tinggal di Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya biasanya olah raga di Minggu pagi kalau tidak lari pagi ya bersepeda. Kali ini saya tertarik untuk lari pagi. Karena kebetulan putri saya punya acara olah raga dengan teman-temanya, saya tetap melakukan olah raga walau sendiri karena saya tahu diperjalanan nanti bisa menemukan beberapa orang yang juga sedang lari pagi. Rute yang saya lewati lumayan membakar kalori karena terdapat beberapa tanjakan dan turunan tajam.

Dari rumah biasanya ambil jalan kanan menuju Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya. Selama perjalanan saya sangat menikmati panoramanya. Aliran sungai Cisande yang memisahkan 2 desa serta sebuah lokasi yang menjadi favorit masyarakat setempat yakni Sawah Love mereka menyebutnya. Sebuah jalan terbentang ditengah-tengah pesawahan. Disisinya sungai kecil dengan air jernih mengalir yang berfungsi sebagai irigasi untuk mengairi pesawahan disana.

Baru-baru ini pemerintahan Desa Cikaso melakukan beberapa inovasi dengan membuat beberapa lukisan ditembok salah satu sudut pesawahan tersebut. Yang pada akhirnya sering digunakan sebagai sarana untuk selfi oleh orang-orang yang juga berada disana. Entah mereka sedang berolah raga atau hanya sekedar jalan-jalan bersama sahabat dan keluarga. Tempat ini juga rute yang menarik untuk mereka yang bersepeda loh. Berhenti sejenak disana untuk istirahat sambil menikmati keindahan alamnya.

Kemudian lanjutkan perjalanan kearah kiri menuju Desa Ciloa. Eh jangan salah loh pemandangan selama menuju ke Desa Ciloa juga tidak kalah indah dengan hamparan sawah dan ladang yang hijau serta gagahnya Gunung Ciremai jelas terlihat. Berpapasan dengan para petani yang sedang sibuk disawah sesekali berhenti untuk menyapa mereka dan memberi mereka salam pagi. Dan sebuah candaan untuk membuat mereka tersenyum tidak lupa memberi motivasi pada mereka agar bangga menjadi petani. Biasanya saya juga berpapasan dengan teman-teman dari komunitas bersepeda. Seru bukan..!!

Nah sekarang hampir sampai dirumah, bajupun telah bersimbah keringat. Bagaimana kalau kita mampir untuk menikmati semangkuk bubur ayam sebagai sarapan pagi  atau sorabi khas Kuningan. Murah meriah tapi enak loh. Jadi keluarga Kartini mudah bukan untuk berolah raga sekaligus berwisata bersama keluarga.

Ayo kita agendakan minggu ini. Mulai dari rumah kira-kira lokasi mana yang akan dijadikan rute olah raga santai kita. Bersepeda atau lari pagi yang penting olah raga untuk kesehatan dan keseimbangan tubuh. Jika terlalu lelah cukup jalan santai aja. Ada yang mau ikut rute yang saya tawarkan ayo gabung di Minggu pagi jika beruntung sahabat akan bertemu saya. (vera)**

Facebook Comments

Check Also

Tim Gabungan Sisir Tempat Wisata, dan Lakukan Tes Swab Antigen

KARTINI – Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Kuningan ternyat…